Kesehatan

Warna Tinja Berubah? Hati-hati Bisa Jadi Gejala Kanker Usus Besar

Warna Tinja Berubah? Hati-hati Bisa Jadi Gejala Kanker Usus Besar
Jakarta - Tanda adanya masalah dalam kesehatan bisa dilihat dari mana saja, termasuk dari warna feses atau tinja. Warna feses yang tidak normal bisa jadi gejala penyakit serius.

Ahli kanker dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, dr Noza Hilbertina, M Biomed, SpPA mengatakan bahwa tinja yang berubah warna jadi hitam akibat pendarahan pada usus, bisa diindikasi gejala kanker usus besar.

"Perubahan warna itu karena pendarahan, karena sel kanker itu rapuh. Jadi, dia membentuk pembuluh-pembuluh darah yang rapuh. Jadi, kalau ada tekanan sedikit misalnya fesesnya agak keras saja, lalu kegeser pembuluh darahnya dan pecah darahnya jadi mewarnai fesesnya," kata dr Noza saat ditemui detikcom, pada Rabu (8/1/2020).



dr Noza pun menjelaskan warna tinja yang terindikasi kanker usus besar pun tak selalu bewarna hitam. Karena letak pendarahan di dalam usus yang menentukan warna tinja akan menjadi seperti apa ketika buang air besar nanti.

"Tergantung pendarahannya, tergantung lokasi darahnya juga sebenarnya, kalau makin ke bawah pendarahannya itu hanya di bagian luar karena pada saat fesesnya lewat itu ada bagian. Kanker kan biasanya menjadi luka ya, menjadi ada bagian yang terbuka. Itu gampang berdarah banget," ucap dr Noza.

"Kalau pendarahannya (posisinya) lebih ke atas lagi pendarahannya bisa jadi kehitaman," tuturnya.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"

(up/up)