LifeStyle

5 Hal Ini Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona

5 Hal Ini Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona

KOMPAS.com - Imbauan Pemerintah untuk social distancing atau jaga jarak sosial demi mencegah penyebaran virus corona membuat banyak orang #dirumahaja.

Kondisi ini membuat rutinitas berubah, tak ada lagi perjalanan panjang menuju ke kantor, tak ada janji meeting di luar kantor, semua pekerjaan dilakukan dari rumah.

Banyak orang merasa bosan, belum lagi setiap hari informasi terbaru terkait Covid-19 makin membuat stres dan cemas. Di saat seperti ini, seringkali makanan menjadi cara untuk mengatasi stres.

Makanan manis seakan menjadi penghibur hati. Belum lagi banyak resto atau penjual makanan yang menawarkan potongan harga selama masa isolasi ini.

Padahal, gaya hidup penyebab obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik bisa memperburuk respons kekebalan tubuh.

Di tengah wabah corona sekarang ini, sangat penting menjaga kesehatan, salah satu caranya adalah menjaga daya tahan tubuh.

Ada lima hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap  sehat di tengah wabah virus corona:

1. Hindari Makanan Manis

Kita mungkin beranggapan, mengonsumsi makanan manis bukanlah masalah besar, tapi nyatanya makanan tinggi gula dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Konsumsi gula yaitu berlebih dapat meningkatkan kecemasan hingga kematian dini, serta menekan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, alih-alih mengenyangkan, mengonsumsi makanan tinggi gula justru dapat merangsang lapar semakin cepat.

Pilih camilan yang sehat dan mengenyangkan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong rebus, atau buah-buahan rendah gula/

Yang penting, pastikan kamu mengonsumsi makanan berkualitas dengan jumlah yang tepat, saran Kavita Devgan, seorang konsultan kesehatan dan ahli gizi ternama.

“Jangan berpesta menikmti makan sepuasnya dengan nutrisi dan kalori kosong. Jika memungkinkan, konsumsi lima porsi buah dan sayuran dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh,” kata Devgan.