LifeStyle

Atasi Gangguan Mata karena Terlalu Banyak Kerja di Depan Layar

Atasi Gangguan Mata karena Terlalu Banyak Kerja di Depan Layar

Bekerja atau belajar di rumah memang bukan kendala berkat teknologi. Namun, ini berarti kita harus bekerja di depan layar sepanjang hari.

Ditambah lagi selepas aktivitas utama, kita juga mengakses hiburan dan berkomunikasi dengan orang lain melalui laptop atau ponsel.

Kondisi ini jika dilakukan pada periode lama bukan hanya membuat mata lelah, tapi juga bisa menyebabkan stres pada sistem pengelihatan yang memicu terjadinya mata kering, mata gatal, sakit kepala, mata merah, atau gangguan pengelihatan lainnya.

Perhatikan beberapa tips berikut untuk mencegah dan mengatasi gangguan pengelihatan di kala WFH.

1. Beristirahat

Bekerja secara terus menerus dalam waktu yang lama bisa menimbulkan ketegangan pada mata, leher dan bahu. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah beristirahat sejenak atau secara berkala.

Lakukan istirahat selama 4-5 menit di sela kerja akan membantu mata kembali rileks dan mengurangi ketidaknyamanan. Cara ininjuga bisa meningkatkan produktivitas dan membantu kita lebih fokus dalam mengerjakan tugas.

2. Menyesuaikan pencahayaan

Cahaya berlebih di dalam ruangan, seperti sinar matahari langsung atau pencahayaan interior, bisa menambah stres pada mata sehingga menimbulkan rasa sakit sekaligus masalah pengelihatan.

Kamu bisa menggunakan filter layar pada komputer atau laptop untuk mencegah cahaya berlebih. Pada siang hari, tutup tirai agar cahaya lebih redup.