LifeStyle

Awas, Bahaya Kuman Menyebar dari Dudukan Toilet yang Terbuka

Awas, Bahaya Kuman Menyebar dari Dudukan Toilet yang Terbuka

Kuman dan bakteri bisa ditemukan di mana saja, meskipun di dalam rumah yang sering dibersihkan. Selain dapur, salah satu ruangan yang rentan kuman dan bakteri adalah toilet.

Bakteri dan kuman akan dengan mudah menempel pada pakaian kotor, pinggiran washtafel, peralatan mandi hingga dudukan kloset. Shigella dan Salmonella, merupakan salah satu jenis bakteri yang paling sering ditemukan di toilet.

Belum lagi bakteri Norovirus yang berasal dari tumpahan kotoran. Bakteri-bakteri ini dapat bertahan hidup di permukaan kloset berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Untuk menghindari kemungkinan terburuk, sebaiknya kebersihan toilet rumah harus diperhatikan. karena itu laman News.com.au pernah menyebut bahwa para ahli memperingatkan untuk menutup toilet ketika menyiramnya, sehingga kuman-kuman yang ditumpahkan dari kotoran tersebut, tidak terbang ke seluruh kamar mandi.

Tak hanya itu, toilet yang terbuka rentan 'menularkan' kuman bakteri ke sikat gigi yang kamu letakkan di area wastafel.

Hanafi Atmadiredja, President Director Surya Toto Indonesia mengatakan bahwa kemajuan teknologi mempermudah pola hidup higienis.

"Kini produsen kloset duduk sudah banyak melakukan penelitian agar kloset menjadi higienis dan nyaman digunakan. Kloset duduk pun juga dinilai lebih higienis (bersih, tidak berbau, dan pinggirannya tidak basah).

Tak hanya itu, faktor lain yang memungkinkan kuman-bakteri toilet menyebar adalah toilet yang terbuka.

"Pinggiran kloset yang basah akan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit kulit dan kelamin, di mana kloset jongkok cenderung sulit memenuhi standar ini," ujarnya.
 
Berbeda dengan kloset duduk pada umumnya, Hanafi menyebut bahwa kloset duduk TOTO, misalnya memiliki kelebihan dan teknologi mutakhir yang bisa membuat toilet selalu bersih dan higienis.

"Jadi, bukan hanya dilengkapi sensor otomatis dengan buka tutup saja," ujarnya.  
 
Selain itu, Hanafi menyarankan untuk memilih teknologi kloset yang higienis, "Kloset duduk kami memiliki keunggulan-keunggulan, misalnya air pembilasnya diatur  langsung untuk disemprotkan ke mangkuk kloset sehingga kotoran akan sulit menempel," ujarnya.

Ia juga punya adanya filter udara yang berguna untuk membersihkan udara di sekitar dudukan kloset, jadi kebersihan kulit tetap terjaga.

"Kami berkomitmen tinggi dalam memperbaiki sanitasi di Indonesia, baik untuk kebutuhan di rumah maupun sarana publik yang terjangkau," ujarnya.