LifeStyle

Cara Andien Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan pada Anak

Cara Andien Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan pada Anak

JAKARTA, - Saat ini semakin banyak kampanye peduli lingkungan digaungkan, termasuk di antaranya mengganti produk-produk yang biasa digunakan sehari-hari menjadi produk yang lebih ramah lingkungan hingga gerakan-gerakan merawat kelestarian lingkungan.

Membangun kesadaran peduli lingkungan sebetulnya bisa dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga.

Itulah yang coba diterapkan oleh penyanyi Andien Aisyah kepada sang buah hati, Anaku Askara Biru atau yang akrab disapa Kawa.

Bagi Andien, mengajari sikap peduli lingkungan pada anak diawali dengan memberikan contoh lewat kegiatan sehari-hari.

"Bisa dibilang anak adalah imitator yang sangat ulung. Anak kalau dibilangin mungkin enggak akan dengar, tapi dia lihat setiap hari apa yang orang dewasa lakukan."

Hal itu diungkapkan Andien ketika menghadiri pembukaan pameran Laut Kita Masa Depan Kita di Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Beberapa hal yang dilakukannya antara lain mengurangi pemakaian sampah plastik sekali pakai, tidak memakai sedotan, hingga mengganti sikat gigi plastik menjadi produk yang lebih ramah lingkungan.

Menurut pelantun "Indahnya Dunia" itu, ketika seorang anak melakukan perilaku yang buruk atau merusak lingkungan, maka yang seharusnya bertanggung jawab adalah orang-orang dewasa di sekitarnya, terutama orangtua.

"Jadi bukan salah mereka kalau mereka buang sampah sembarangan atau konsumsi plastik sekali pakai sampai nanti-nanti," ucapnya.