LifeStyle

Cara Mudah Mengajarkan Matematika dan Bahasa Inggris pada Balita

Cara Mudah Mengajarkan Matematika dan Bahasa Inggris pada Balita

- Bukan hanya menambah pengeluaran, mendaftarkan anak balita untuk mengikuti kelas pelajaran tambahan, tampaknya akan membuat anak kelelahan, karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar.

Jika Anda tidak ingin mengirim anak untuk menjalani kelas pelajaran tambahan, Anda bisa kok menggunakan kegiatan sehari-hari untuk menambah pengetahuan anak pada pelajaran Bahasa Inggris, matematika, dan sains.

Juliet Chia, spesialis kurikulum pendidikan prasekolah di Kementerian Pendidikan, yang mengelola MOE Kindergartens di Singapura, memberikan beberapa tips tentang cara mengajar matematika, sains, dan bahasa Inggris bagi anak-anak prasekolah.

"Anak-anak tidak melihat dunia dalam lensa Bahasa Inggris, matematika, dan sains," kata Juliet.

“Dunia bagi seorang anak kecil adalah tempat yang menakjubkan, penuh dengan penemuan yang harus dibuat, dan orangtua harus membantu anak-anak belajar secara holistik.

“Rutinitas dan kegiatan sehari-hari adalah kesempatan untuk belajar yang kaya dalam bahasa, berhitung dan bidang-bidang lain seperti seni, musik, dan perkembangan sosial-emosional.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, berhitung, dan memahami dunia."

1. Berbelanja kebutuhan sehari-hari

Sebelum menuju ke supermarket, ajak anak membuat daftar apa yang harus dibeli. Jika dia belum siap untuk menulis, minta dia untuk menggambar barang yang harus dibeli, dan menuliskan jumlahnya.

Di supermarket, minta si kecil untuk mencari barang. Hitung jumlah barang yang diambil dari rak dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Ini adalah cara yang baik untuk mengajarkan matematika pada anak-anak prasekolah.