LifeStyle

Cegah Covid-19, Jurnalis Diminta Ikut Berperan Mengedukasi Masyarakat

Cegah Covid-19, Jurnalis Diminta Ikut Berperan Mengedukasi Masyarakat

JAKARTA, - Pemimpin Redaksi Harian Suara Merdeka Gunawan Permadi mengimbau agar para jurnalis ikut berperan mengedukasi masyarakat terkait kebijakan pemerintah mencegah penyebaran pandemi virus corona ( Covid-19).

"Terutama kita menjadi bagian dari edukasi masyarakat. Baik melalui edukasi ataupun melalui tindakan dan perilaku kita," kata Gunawan dalam telekonferensinya, Selasa (2/6/2020).

Ia mengaku sempat beberapa kali melihat wartawan sering lupa mengikuti kebijakan jaga jarak saat bekerja atau mewawancarai narasumber.

Walaupun terkadang hal itu terjadi secara spontan, Gunawan berharap ke depannya wartawan bisa tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 saat bekerja.

"Saya rasa teman-teman media para jurnalis perlu lebih memperhatikan ini jadi ketika kita menginformasikan jaga jarak, kita sendiri juga bisa menjadi penyampai pesan," ujarnya.

"Menjadi 'ambasador' bagi kebijakan jaga jarak dengan kita juga menerapkan jaga jarak seperti itu," ucap Gunawan.

Sejak diumumkan pertama kali pada 2 Maret 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air masih terus bertambah.

Berdasarkan yang dihimpun hingga Selasa (2/6/2020) pukul 12.00 WIB, total ada 27.549 kasus positif Covid-19 di Indonesia, dengan penambahan 609 pasien dalam 24 jam terakhir.

"Dari hasil pemeriksaan ini konfirmasi kasus positif sebanyak 609 orang sehingga menjadi 27.549 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, di Graha BNPB, Jakarta, Selasa sore.

Selain itu, Yuri mengatakan, ada penambahan 289 pasien sembuh dari Covid-19, sehingga total pasien sembuh dalam 24 jam terakhir mencapai 7.935 orang.

Kemudian, terdapat penambahan 22 pasien Covid-19 yang meninggal dunia sejak 24 jam terakhir. Dengan demikian, total pasien Covid-19 yang meninggal dunia hingga saat ini ada 1.663 orang.