LifeStyle

Cegah Kulit Tangan Kering meski Sering Cuci Tangan Saat Wabah Corona

Cegah Kulit Tangan Kering meski Sering Cuci Tangan Saat Wabah Corona

KOMPAS.com - Selain melakukan social distancing, tidak menyentuh area wajah sembarangan, saat ini kamu tentu sudah sangat paham pentingnya mencuci tangan setidaknya selama 20 detik untuk mencegah penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Jika sebelumnya kamu mungkin hanya mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan atau saat tanganmu benar-benar terlihat kotor, kini kamu mencuci tangan setiap saat dan sesering mungkin demi menghindari virus corona.

Namun, terlalu sering mencuci tangan baik dengan sabun atau hand sanitizer membuat kulit tanganmu menjadi kasar dan mengelupas. Beberapa orang bahkan mengalami peradangan seperti bercak merah karena eksim.

Jadi apa yang harus dilakukan agar kulit tangan tetap sehat, tidak pecah-pecah, dan tidak kasar? Dokter spesialis kulit dari Mayo Clinic, Alina Bridges menjelaskan beberapa langkah:

Semakin sering mencuci tangan menghilangkan minyak alami

Menurut Bridges, kulit tangan memiliki minyak alami sebagai pelindung yang membuat tangan terjaga kelembutan dan kelembabannya.

"Di tanganmu ada minyak sebagai pelindung kulit, tapi saat kamu terlalu sering mencuci tangan, minyak alami akan hilang dan kemudian kulit tanganmu mulai kering, pecah, dan kasar,” katanya.

Menurut Bridges, beberapa orang cenderung memiliki kulit tangan yang lebih mudah kering. Bahkan, ada yang berisiko muncul kutil jika tak segera melembabkan kulit.

Segera bantu dengan pelembab

Pertahanan terbaik melawan kulit kering? Melembabkan kulit tangan segera setelah mencucinya.

“Memakai pelembab sesaat setelah mencuci tangan membantu mencegah kekeringan terjadi,” kata Bridges.

Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu mengeringkan tangan setelah mencucinya. Kamu bisa menepuk-nepuk tangan hingga agak mengering, tapi biarkan tetap lembab hingga kamu mengoleskan krim pelembab pada kulit tangan.

Krim pelembab akan bekerja lebih baik saat kulit masih dalam keadaan sedikit basah atau lembab.