LifeStyle

G-Shock "Bezel Metal" GM-5600, Jam Tangan "Bertampang" Mahal...

G-Shock

KOMPAS.com - Setelah ramai mewarnai pemberitaan di banyak negara, varian jam tangan G-Shock GM-5600 akhirnya resmi hadir di pasar Indonesia. Arloji baru ini diperkenalkan di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Jam tangan yang menggunakan "DNA" varian pertama G-Shock, DW-5600 ini memadukan material stainless steel dengan strap berbahan resin khas G-Shock, dan ditawarkan dengan tiga pilihan.

Ada GM-5600-1DR dengan bezel perak berkilau khas stainless steel. Lalu, GM-5600B-1DR dengan bezel hitam black ion-plated steel yang dipadukan dengan dial hitam serta strap hitam.

Kemudian, pilihan terakhir GM-5600B-3DR dengan bezel hitam black ion-plated steel yang dipadukan dengan strap hijau militer, lengkap dengan motif kamuflase-nya.

Jam tangan G-Shock GM-5600 dengan bezel perak berkilau khas stainless steel.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Jam tangan G-Shock GM-5600 dengan bezel perak berkilau khas stainless steel.
Seperti yang sebelumnya pernah diulas Kompas.com, jam tangan ini hadir menyusul kesuksesan G-Shock seri 5000 “Full Metal”, GMW-B5000.

Namun, jika GMW-B5000 menjadi jam tangan G-Shock premium dengan harga "selangit", GM-5600 hadir sebagai alternatif pilihan yang lebih murah.

Ya, di Indonesia GM-5600-1DR ditawarkan dengan harga ritel tertinggi Rp3.399.000, sedangkan GM-5600B-1DR dan GM-5600B-3DR masing-masing Rp. 3.699.000.

"Bertampang" mahal

Jam tangan G-Shock GM-5600B-3DR dengan bezel hitam black ion-plated steel yang dipadukan dengan warna hijau militer, lengkap dengan motif kamuflase-nya.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Jam tangan G-Shock GM-5600B-3DR dengan bezel hitam black ion-plated steel yang dipadukan dengan warna hijau militer, lengkap dengan motif kamuflase-nya.
Musisi yang juga penggemar G-Shock, Rayi Putra Rahardjo, yang diundang dalam peluncuran GM-5600 menilai-seperti jam G-Shock lainnya, varian baru ini bisa digunakan untuk segala suasana.

"Dari segi warna, tiga warna itu cowo banget, bisa masuk ke keseharian, bisa dibawa untuk terlihat elegan," kata Rayi yang mengaku sudah memakai G-Shock sejak kelas III SD.

Rayi juga menilai harga dibandingkan dengan tampilan jam tangan ini tergolong masuk akal.

"Waktu liat di foto saya pikir bakal pilih yang silver, tapi pas liat langsung, yang hitam bentukan asli slick banget. Gak mencolok tapi mencolok, tampangnya mahal, padahal secara harga ya segitu," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle) on Nov 7, 2019 at 6:12pm PST

Menanggapi itu, Junichi Izumi, Product Development Casio dari Hamura, Jepang, menyebut, dalam memproduksi varian baru pihaknya selalu memperhatikan tren. 

"Kami memperhatikan tren global, termasuk pasar besar kami di asia tenggara, apa yang sedang diminati market, dan yang bisa dipakai sehari hari," kata Izumi.

Sentuhan spesial

Peluncuran jam tangan G-Shock GM-5600 di Jakarta, Kamis (7/11/2019).KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Peluncuran jam tangan G-Shock GM-5600 di Jakarta, Kamis (7/11/2019).
Tidak hanya berbahan stainless steel, bezel berbentuk kotak tersebut juga dibuat dengan sentuhan akhir yang spesial.

Pada bagian cangkang bezel, finishing-nya dibuat identik dari cangkang versi premium "Full Metal", berupa guratan halus vertikal, semacam jejak gosokan.