LifeStyle

Ingin Atasi Ejakulasi Dini Tanpa Obat, Lakukan Olahraga Ini

Ingin Atasi Ejakulasi Dini Tanpa Obat, Lakukan Olahraga Ini

VIVA – Ejakulasi dini masih menjadi momok yang ditakuti oleh sebagian besar pria. Hal ini, bahkan juga kerap menjadi alasan perpecahan suatu rumah tangga. Tetapi, sebuah penelitian baru menunjukkan, latihan dasar panggul dapat membantu sekitar tiga perempat pria yang berjuang dengan ejakulasi dini.

Latihan-latihan ini, biasanya direkomendasikan bagi wanita untuk menurunkan risiko inkontinensia, terutama setelah memiliki bayi atau operasi. Tetapi, sekarang para ahli mengatakan, memperkuat otot-otot di sekitar kandung kemih dan penis bisa meningkatkan kinerja pria di atas ranjang

Langkah ini juga dapat membantu mengatasi masalah kandung kemih dan usus. Salah satu cara untuk melakukannya, ialah dengan menghentikan buang air kecil di tengah aliran.  Cara lain adalah dengan mencoba dan menarik buah zakar ke atas.

Fisioterapis dari James Cook University, Australia menganalisis data dari 650 pria yang menggunakan latihan dasar panggul, dalam studi pertama dari jenisnya. Mereka menemukan 47 persen pasien dengan masalah impotensi berhasil mengatasinya dengan latihan ini. Sementara itu, 83 persen pria mengaku hal itu membantu mereka dengan ejakulasi dini.

Dalam jurnal Physiotherapy, penulis penelitian ini, Chris Myers menjelaskan, otot-otot dasar panggul yang lemah dapat secara langsung memengaruhi kekuatan ereksi dan proses ejakulasi.

"Latihan dasar panggul untuk mencegah disfungsi ereksi dan ejakulasi dini adalah pilihan non-invasif dan lebih murah daripada metode tradisional," katanya.

Namun, kombinasi optimal dari frekuensi dan olahraga ini bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Ia mengatakan, perlu riset lebih lanjut untuk mengonfirmasi, apakah latihan dasar panggul bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk kedua kondisi. (asp)