LifeStyle

Kenapa Sih Mata Kita Bengkak Kalau Habis Menangis?

Kenapa Sih Mata Kita Bengkak Kalau Habis Menangis?

Nyaris mustahil menangis tanpa mengalami mata bengkak dan kemerahan setelahnya. Gara-gara mata bengkak, siapa pun jadi tahu kalau kita habis menangis.

Sebagai kaum yang lebih sering menangis karena masih banyak anggapan salah tentang pria tak seharusnya menangis, wanita seringkali menutupi mata bengkak itu dengan make-up.

Dari concealer sampai kompres air dingin atau es batu pun dicoba oleh banyak wanita, untuk menutupi dan meredakan bengkak di mata setelah menangis.

Tapi, sebenarnya kenapa sih mata kita bengkak setiap habis menangis?

Jenis-jenis air mata

Pada dasarnya, mata bengkak adalah akibat yang timbul akibat 'sistem drainase' mata kewalahan menghadapi air mata yang keluar.

Dilansir dari laman Discovery, Selasa, 2 Juni 2020, mata kita memproduksi tiga jenis air mata yang berbeda, yakni air mata basal, refleks dan emosional.

Ilustrasi mata.

Air mata basal menjaga mata tetap lembap dan melindungi kornea dari kotoran dan debu. Air mata jenis ini terus disekresi secara konstan, tapi tidak akan sampai mengalir. Jadi, kebanyakan orang tidak sadar kalau mereka sedikit mengeluarkan air mata setiap waktu.

Ketika asap, debu atau aroma tajam (seperti aroma bawang bombai saat dipotong) mengancam atau membahayakan, mata memproduksi air mata refleks sebagai perlindungan ekstra. Air mata jenis ini mengandung antibodi tambahan untuk melawan bakteri, dan seringkali diproduksi dalam kuantitas yang lebih besar untuk membuang ancaman tadi.

Sedangkan air mata emosional diproduksi oleh kelenjar lacrimal, yang lokasinya ada di atas mata. Saat kelenjar ini memproduksi sedikit air mata, berarti tujuannya untuk melembapkan mata saat mengedip dan kemudian diserap dan dibuang ke hidung lewat puncta, lubang-lubang kecil di ujung kelopak mata.

Namun, ketika Kamu menangis, sistem drainase lacrimal-mu kewalahan.

Proses osmosis

Saat mata memproduksi banyak air mata (biasanya air mata emosional), sistem lacrimal Kamu tak bisa menanganinya dengan baik. Air mata yang biasanya menguap atau terserap ke hidung, malah keluar dari mata sebelum mereka sampai ke puncta.

Sementara air mata yang berhasil terserap oleh puncta akan menjadi ingus. Inilah mengapa orang menangis, hidungnya juga akan dipenuhi ingus. Percaya atau tidak, air mata bisa keluar dari hidung kalau Kamu sedang menangis kejer.

Ilustrasi wanita menangis.

Inilah saat di mana pembengkakan terjadi. Air mata menjadi lebih cair dan kurang asin dibandingkan cairan yang mengisi sel-sel Kamu.

Dengan proses osmosis, cairan dan air matamu mengalir melalui membran semipermeabel ke jaringan tisu di mata untuk menyeimbangkan konsentrasi kandungan garam di kedua mata. Inilah yang membuat matamu bengkak dan semakin parah bengkaknya kalau Kamu menggosok atau mengusap mata saat menangis.

Pelebaran pembuluh darah di mata dan sekitarnya juga bisa berkontribusi terhadap pembengkakan tadi. Kalau Kamu memproduksi banyak air mata, pembuluh darah di sekitar mata akan melebar untuk meningkatkan aliran darah ke area mata.

Hal ini penting, karena air mata berasal dari suplai darah. Memang air mata kebanyakan terbuat dari air dengan sedikit garam dan protein. Namun, air mata juga berasal dari darah.

Cara mencegah dan mengatasi

Ilustrasi air mata

Hingga saat ini, tak ada cara apa pun yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah mata bengkak karena menangis. Namun, ada beberapa hal yang bisa dicoba karena telah terbukti mampu mengurangi atau meredakan pembengkakan.

Kompres air dingin misalnya. Kemudian krim hemorrhoid juga akan membantu karena mengandung bahan-bahan yang derancang untuk membuat pembuluh darah mengecil dan mengurangi bengkak.

Selain itu, Kamu juga bisa mengurangi konsumsi makanan tinggi sodium. Itu karena sodium berlebih akan memperburuk bengkak di mata.

Tapi, sambil menunggu para ahli menemukan cara ilmiah yang ampuh mencegah atau mengobati mata bengkak karena menangis, Kamu selalu bisa pakai alasan alergi, kalau ada orang yang menanyakan kenapa matamu bengkak.