LifeStyle

Latih Anak Agar Memiliki Karakter Tangguh

Latih Anak Agar Memiliki Karakter Tangguh

KOMPAS.com – Mendidik anak untuk tangguh atau resiliensi menghadapi berbagai tantangan hidup tak kalah penting dari mengajarinya matematika atau membaca.

Resiliensi dapat diartikan sebagai kemampuan menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemui kegagalan. Orang yang memiliki karakter tangguh seperti ini cenderung lebih mampu mengatasi stres dan perasaan cemas menghadapi situasi yang tidak pasti.

Menurut psikolog keluarga dari Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani, M.Psi, usia dini adalah waktu yang tepat untuk memahami dan mengembangkan resiliensi. Salah satu caranya adalah melalui pengalaman yang bermakna.

“Artinya orangtua dengan sengaja memberikan tantangan-tantangan yang sesuai dengan usia dan kapasitas anak agar tahu batas dirinya sampai mana, kemampuannya sampai mana, dan apa yang ia miliki untuk menghadapi masalah,” kata Nadya.

Anak yang memiliki karakter resiliensi bukan berarti tidak akan mengalami kesulitan atau tekanan. Namun, mereka menjadi terbiasa dengan tantangan dan bisa fokus mencari penyelesaian yang efektif.

Mengajarkan sifat resiliensi bisa dilakukan sepanjang usia. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membangun sifat tangguh ini sejak usia dini. Misalnya saja mengajarkan anak cara untuk berteman, termasuk kemampuan berempati.

Mengajari anak untuk membantu orang lain juga bisa membuatnya merasa lebih berdaya. Cara lain adalah dengan mengajari anak membuat target yang masuk akal lalu berusaha mencapainya selangkah demi selangkah.

Belajar bersama

Untuk bisa mengajari anak karakter tangguh, orangtua juga perlu membekali diri dengan pemahaman yang cukup sehingga bisa menjadi contoh bagi anak.

Nutrion Royal mengadakan acara edukasi bagi orangtua melalui Royal Lounge Nutriclub di Kota Surabaya beberapa waktu lalu untuk mengenal makna karakter resilient, pentingnya karakter tersebut, dan berbagai pengalaman sesama orangtua.

“Pemahaman akan pentingnya karakter resilient ini sangat penting disebarkan ke banyak orangtua di Indonesia. Karena itu kami menghadirkan acara edukasi kepada orangtua. Mulai dari konsultasi langsung dengan pakar, sharing session, hingga permainan edukatif yang bisa menjadi stimulus bagi si kecil,” kata Senior Brand Manager Nutrilon Royal, Vega Gupta.