LifeStyle

Makan Wortel Bisa Menurunkan Minus Mata Anak, Benarkah?

Makan Wortel Bisa Menurunkan Minus Mata Anak, Benarkah?

- Rasanya semua orang tahu bahwa wortel merupakan sayuran yang sangat baik bagi mata.

Sebagian orang bahkan menganggap sayur batangan berwarna oranye ini, bisa mencegah gangguan pengelihatan dan bahkan menurunkan minus mata pada seseorang yang mengalami rabun jauh (miopi).

Benarkah demikian?

Dokter spesialis mata, Zoraya Ariefia Feranthy menjelaskan, wortel memang merupakan sayur yang kaya akan Vitamin A. Vitamin A baik untuk kesehatan sejumlah organ tubuh, termasuk mata.

Vitamin A, lanjut Zoraya, bagus untuk menjaga retina mata tetap sehat. Retina mata  merupakan selaput tipis di belakang bola mata yang berguna untuk menangkap cahaya untuk kemudian diteruskan ke pusat syaraf, kemudian ke otak.

Meski begitu, mengonsumsi wortel bukan berarti bisa menghilangkan minus mata seseorang.

" Wortel bagus untuk retina mata, tapi kalau untuk membuat hilang minusnya, apalagi kalau memang sudah ada minusnya, enggak bisa hilang pakai multivitamin atau wortel."

Hal itu diungkapkan Zoraya dalam live Instagram live bersama @mommiesdailydotcom, Rabu (8/4/2020).

Mata dengan minus menurutnya harus segera diberi kacamata sebagai alat bantu melihat.

Beberapa orangtua khawatir anak akan ketergantungan dengan kacamata jika dipakaikan sejak dini.

Padahal, kata Zoraya, anak-anak yang pengelihatannya terganggu namun tidak diberi kacamata justru akan terhambat pertumbuhannya.

"Minusnya bisa muncul lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat. Kacamata memang tidak bisa menghilangkan (minus), tapi bisa memperlambat," ungkapnya.

Orangtua juga tak perlu ragu untuk memeriksakan mata anak sejak dini. Pemeriksaan mata melalui prosedur yang berbeda untuk setiap tingkatan usia.

"Kalau mau screening mata dari sejak dini, enggak masalah. Apalagi jika orangtuanya punya riwayat," ungkapnya.