LifeStyle

Manajemen Tous les Jours Angkat Bicara Soal Aturan SARA di Tokonya

Manajemen Tous les Jours Angkat Bicara Soal Aturan SARA di Tokonya

Jagad media sosial sedang ramai memperbincangkan sebuah foto, yang memperlihatkan pengumuman dan peraturan dari salah satu cabang toko kue kenamaan TOUS Les JOURS. Gambar itu memperlihatkan adanya peraturan penulisan ucapan cake ‘dilarang bertentangan dengan syariat Islam’ di salah satu tokonya.

Foto yang beredar di media sosial, mengisyaratkan bahwa toko kue tidak akan melayani konsumen yang datang ataupun memesan kue dengan penulisan untuk ucapan hari raya, serta hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam. Dalam foto itu, ada dua pengumuman yang harus dipahami pelanggan sebelum melakukan pemesanan.

Terkait dengan ramainya pemberitaan tersebut, Manajer Marketing PT CJ Foodville Bakery and Cafe, Kathy Syahrizal mengatakan, pihak manajemen tidak pernah membuat aturan tersebut. Pihaknya menyebut bahwa telah terjadi miskomunikasi antara pihak head office dan store yang bertugas.

“Peraturan tersebut bukan peraturan manajemen kami. Adanya miskomunikasi dalam penyampaian dan penerimaan pesan pada internal kami,” ujarnya saat dihubungi , Jumat 22 November 2019.

TOUS les JOURS Larang Tulis Ucapan Natal dan Imlek di Atas Cake?

Dia mengatakan, aturan penulisan cake sebagaimana yang terlihat dalam video bukanlah aturan resmi manajemen. Pihak perusahaan lanjut dia, juga sangat mengedepankan toleransi keberagaman. Saat ini, kata Kathy, pihaknya telah menyelesaikan dan memperbaiki masalah tersebut, dan berharap ke depannya sistem komunikasi akan lebih baik dan kondusif.

“Perusahaan kami sangat menjunjung tinggi asas toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya atau antar golongan. Jadi jelas dari berita yang berkembang itu tidak sesuai dengan prinsip perusahaan kami,” lanjut Kathy.

Dengan demikian, akan tetap melayani permintaan customer sesuai dengan yang diinginkan para pelanggannya. Sebelumnya toko kue ini melalui akun instagram resminya sudah memberikan klasifikasinya perihal viralnya foto atau video pengumuman di salah satu store di Jakarta.

Berikut ini pengumuman klarifikasi tersebut:

Jakarta 22 November 2019

Sehubungan dengan beredarnya video, foto dan atau informasi lainnya tentang “Peraturan Penulisan Ucapan Cake” yang terjadi di salah satu outlet kami, dengan ini management TOUS Le JOURS Indonesia menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bahwa peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi yang lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh management kami.

2. Bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras dan/atau antar golongan.

3. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada TOUS Le JOURS selama ini. Demikian klarifikasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama semua pihak kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami, Management TOUS Le JOURS Indonesia.