LifeStyle

Mengapa Remaja Sudah Butuh Pakai Skincare

Mengapa Remaja Sudah Butuh Pakai Skincare

KOMPAS.com – Merawat kulit wajah dengan produk skincare kini sudah disadari pentingnya oleh para remaja. Dengan makin padatnya aktivitas mereka, memiliki kulit yang sehat dan selalu tampil segar adalah kebutuhan.

Isu tentang penting tidaknya memakai produk perawatan kulit (skincare) pada remaja mencuat setelah viral foto-foto hasil razia skincare dan makeup di sebuah SMA.

Dalam foto tersebut tampak produk-produk seperti pelembab, sabun cuci muka, bedak, hingga body lotion, hasil sitaan dari tas pelajar.

Sebagian warganet berkomentar remaja yang rutin merawat wajahnya berarti centil.

Namun, lebih banyak pendapat yang mengatakan remaja butuh produk perawatan wajah mengingat mereka rentan mengalami masalah kulit akibat pubertas.

Hal itu juga ditegaskan oleh dr.Indah Widyasari Sp.KK. Menurutnya, produk skincare dibutuhkan oleh remaja, tetapi tetap harus dipilih sesuai jenis kulit dan kebutuhannya.

“Setiap tahapan usia akan menyebabkan perubahan fisiologis pada kulit. Di usia remaja, hormonnya mulai aktif karena sudah puber. Kondisi itu menyebabkan kelenjar minyak di kulit akitf dan akan memicu banyak masalah kulit,” kata Indah.

Masalah kulit yang paling lazim dialami remaja adalah jerawat.

“Apalagi kalau kulit wajahnya jenis yang berminyak, kalau tidak dibersihkan sangat rentan jerawatan,” kata dokter dari klinik ZAP Premier ini.

Selain jerawat, masalah kulit lain adalah warna kulit tidak merata serta kulit kering.