LifeStyle

Mengatasi Rasa 'Terjebak' di Pernikahan Saat Masa Pandemi COVID-19

Mengatasi Rasa 'Terjebak' di Pernikahan Saat Masa Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang sedang melanda Dunia menyebabkan semua orang diminta unntuk berada di rumah. Hal itu dilakukan guna mengurangi penyebaran virus yang telah mematikan lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia.

Saat diminta bekerja di rumah, Anda dan pasangan pun akan mengubah semua kebiasaan yang selama ini telah dijalani, karena selama work from home, Anda akan bersama pasangan selama 24 jam.

Banyak pasangan yang bekerja, dan kemudian melakukan aktivitas di rumah akan merasakan perbedaan dalam hubungan Anda dan pasangan.

Bahkan banyak pasangan yang mengeluh, jika salah satu dari mereka melakukan sebagian besar pekerjaan rumah, sedangkan pasangan lain hanya 'membantu' nya.

Sementara Anda juga harus melakukan pekerjaan kantor, dan di saat yang sama juga harus memainkan peran sebagai istri yang sempurna di tempat tidur. Jangan sampai hal tersebut membuat Anda frustasi, dan menyadari sisi buruk pernikahan yang tidak diketahui selama ini.

Anda mungkin tidak sendiri, ada ribuan orang seperti Anda yang merasa terjebak dalam hubungan mereka selama lockdown.

"Saya sering mendapat telepon dari pasangan yang tertekan. Ya, lockdown telah mengubah hidup kami dan beberapa perubahan, sayangnya, sangat sulit untuk disesuaikan," kata Shweta Singh, konsultan psikolog senior dilansir dari Times of India. 

"Salah satu alasan utama mengapa pasangan mungkin merasa terjebak adalah invasi ruang. Juga, stres dan kecemasan dapat menambah frustrasi mereka."

Berikut ini adalah beberapa cara yang disetujui para ahli untuk berhenti merasa terjebak dalam pernikahan atau hubungan Anda selama lockdown.

Beri ruang

Sebagai ahli hubungan, sangat penting untuk saling memberi ruang. Mungkin sangat sulit untuk menghindari satu sama lain selama lockdown, tetapi pasangan harus tetap berusaha memberi ruang bagi satu sama lain.

Dalam hal ini, memiliki 'waktu saya' di mana seseorang dapat melakukan hal-hal yang dia sukai tanpa campur tangan pasangan pasti akan membantu mereka merasa santai.

Buat jadwal

Sama seperti kami memiliki jadwal sebelumnya, sama pentingnya untuk memiliki hal yang sama selama karantina. 
Jadwal membantu orang untuk mempertahankan disiplin, yang sangat penting untuk menjalani kehidupan yang seimbang. Jangan biarkan perubahan membanjiri Anda, Anda harus mencoba melakukan pekerjaan Anda seperti dulu.

Berbagi tugas rumah tangga

Mengingat situasi yang kita hadapi sekarang, sebagian besar stres dan kecemasan kita berasal dari beban kerja ekstra yang kita tangani sekarang. Bagi para wanita itu, yang tidak terbiasa menangani pekerjaan rumah tangga, terima kasih kepada pelayan dan staf pendukung mereka, melakukan hal yang sama selama rumah tangga dapat terbukti sangat luar biasa.

Dan ini dapat dengan mudah menyebabkan frustrasi dan perasaan putus asa. Karena itu, penting untuk menegaskan bahwa pasangan atau suami Anda berbagi tugas rumah tangga.

Komunikasi

Semua ahli hubungan menekankan pada pentingnya komunikasi yang sehat karena itu adalah kunci untuk hubungan yang sukses. Mengingat situasi kita sekarang, komunikasi memainkan peran yang bahkan lebih penting.

Setiap kali merasa frustrasi atau terjebak, Anda harus memberi tahu pasangan Anda tentang hal itu. Membahas masalah dalam hubungan Anda dan masalah yang Anda hadapi, akan membantu Anda menemukan solusi bersama.