LifeStyle

Menkes: Tak Semua Orang Bersentuhan Pasien Corona Dapat Tertular

Menkes: Tak Semua Orang Bersentuhan Pasien Corona Dapat Tertular

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menjamin tidak semua orang yang pernah bersentuhan dengan pasien positif virus corona dapat langsung tertular. Hal ini terbukti dari WNI yang berada di kapal World Dream yang dinyatakan negatif dari virus corona.

"Harus ingat ya, tidak semua orang kontak itu menjadi sakit atau positif corona. Itu yang harus disadari, itu terbukti dari pasien World Dream," kata Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin 2 Maret 2020.

Terawan menyampaikan, akan melakukan penelusuran terkait siapa saja yang sudah melakukan perbincangan atau bersentuhan langsung dengan pasien positif virus corona. Kini, dua warga Depok, Jawa Barat itu tengah mendapat perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso.

"Mulai dari siapa yang dia kontak, tempat tinggal di mana, rumah sakitnya mana, kita tracking semua. Kita cek waspadai," ujar Terawan.

Kendati demikian, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini meminta masyarakat untuk tenang. Karena tidak semua orang yang memang berhubungan langsung dengan pasien terdampak virus corona bisa dengan mudahnya terjangkit.

"Bukan yang Diamond Princess ya, dia diturunkan di Hong Kong. Tapi apa kenyataannya, 188 orang itu negatif semua, padahal ada kontak di situ. Artinya, tidak semua kontak akan jadi positif, tergantung kondisi badan kita," ujar Terawan.