LifeStyle

Ortu Lalai Awasi, Balita Malang Tertusuk Sumpit hingga Menembus Otak

Ortu Lalai Awasi, Balita Malang Tertusuk Sumpit hingga Menembus Otak

VIVA – Perilaku anak kecil memang selalu menggemaskan. Meski demikian, jangan sampai orang tua lalai dan lupa mengawasi semua kegiatannya. Sebab, buah hati belum memahami kegiatan, maupun benda-benda di sekitar yang bisa membahayakan dirinya.

Tak hanya benda tajam dan obyek bergerak, peralatan makan ternyata berisiko membahayakan si kecil jika orang tua tak mengawasinya.

Salah satu contohnya terjadi di Tiongkok, seorang anak berusia 1,5 tahun harus dioperasi setelah sumpit yang dipakai sebagai peralatan makan, menusuk mulut.

Kejadian tersebut, bermula saat gadis kecil ini sedang makan. Rasa ingin tahunya yang tinggi, membuatnya tak bisa diam di kursi makannya. Anak kecil itu terus berjalan dengan tetap memegang sumpit di tangannya, saat orang tua hendak memberinya makan.

Melansir dari Worldofbuzz, Rabu 9 Oktober 2019, lantaran baru bisa belajar jalan, anak ini kemudian terjatuh, dan membuat sumpit yang dia pegang menusuk mulutnya sampai menembus otaknya. Gadis itu terus menangis karena hampir setengah panjang sumpit ada di dalam mulutnya.

Mengenal penyakit Autoimun yang diderita Ashanty

Melihat kejadian mengerikan tersebut, keluarganya dengan cepat membawa sang anak ke rumah sakit, untuk melakukan pemeriksaan dan CT scan. Dokter yang menangani kecelakaan tersebut, menyebut bahwa 2 sentimeter dari panjang sumpit ada di dalam otak anak kecil itu.

Tak hanya itu, sumpit diketahui telah menembus vena jugularis internal gadis kecil itu, dan yang lebih buruk lagi adalah ada butiran beras di sumpit.Tim medis lalu mengambil tindakan cepat, dengan cara melakukan operasi untuk mencabut sumpit yang sempat tertanam.

Uniknya Sejarah Perbedaan Sumpit China, Jepang, dan Korea

Beruntung, operasi berjalan lancar dan nyawa anak balita tersebut bisa diselamatkan. Saat ini, dia sedang mendapat perawatan intensif dari rumah sakit setempat, untuk mencegah risiko infeksi intrakranial.