LifeStyle

Pakai Katrol, Kafe Ini Punya Cara Cerdas Terapkan Social Distancing

Pakai Katrol, Kafe Ini Punya Cara Cerdas Terapkan Social Distancing

Social distancing sangat dianjurkan untuk mencegah atau menghindari penularan COVID-19. Untuk itu, pemerintah sangat mengimbau agar kita bisa menjaga jarak dengan individu lain, tidak hanya di luar bahkan di dalam rumah.

Tidak sebatas individu saja, sejumlah pengelola tempat umum pun turut mengikuti imbauan ini. Mulai dari penerapan jarak aman saat mengantre transportasi umum atau pembatasan jumlah di dalam armadanya.

Uniknya, kafe yang ada di Thailand ini juga enggak mau kalah. Untuk menjaga produk yang dijual tetap higienis dan tidak tersentuh tangan, kafe ini membuat sistem katrol untuk memberikan pesanan dan mengambil uang dari pelanggan.

Adalah akun TIME yang mengunggah video ini di Twitter. Video berdurasi 38 detik tersebut, memperlihatkan aktivitas jual beli di sebuah kedai kopi di Bangkok, Thailand. Semua pekerja kompak mengenakan masker dan sarung tangan.

Setelah selesai membuatkan pesanan, karyawan kedai kopi memasukkan minuman ke dalam plastik, lalu dimasukkan ke sebuah kotak kayu. Sementara pembeli menunggu dengan jarak beberapa meter, minuman tersebut 'diantar' dengan memanfaatkan tali.

"Tonton: Sebuah kafe di Bangkok menggunakan sistem katrol pintar untuk mengikuti aturan social distancing sambil melayani pelanggan selama wabah virus corona," tulis @TIME di Twitter.

Prinsip yang sama juga digunakan saat penjual menerima uang dari pembeli. Pembeli di kedai kopi itu, memasukkan uangnya ke dalam kotak, kemudian staf kedai akan menarik kotak tersebut menggunakan tali yang dihubungkan dengan katrol agar kotak berjalan lancar.

Warganet pun memberikan beragam respons positif. Mereka menganggap, cara ini sangat aman untuk mencegah virus berpindah dari satu orang ke orang lain.

"Cara yang sangat aman untuk pelanggan dan petugas servis supaya virus tidak berpindah," ujar warganet.

"Pintar," puji yang lain.

"Manusia akan selalu menemukan cara untuk beradaptasi!" tutur warganet.

"Sekarang saya pasti akan makan di sana," kata yang lain.