LifeStyle

Penat dengan Jakarta? Yuk, Tenangkan Diri di Leuweung Geledegan

Penat dengan Jakarta? Yuk, Tenangkan Diri di Leuweung Geledegan

KOMPAS.com – Dalam bahasa Sunda, Leuweung Geledegan berarti sebuah hutan yang sangat rimbun, gelap, dan misterius.

Atmosfer ini pula yang coba dibagikan Leuweung Geledegan Ecolodge (LGE). Namun jangan membayangkan hutan belantara berbau mistis seperti di film-film horor.

Hutan di sini lebih digambarkan sebagai tempat yang hijau dan segar. Letaknya berada di daerah Tamansari, Bogor.

Bagi pengunjung dari Jakarta, cukup mengambil kereta ke Stasiun Bogor, atau -tentu saja, menggunakan mobil pribadi.

Setelah itu, kita tinggal menyusuri daerah atas Bogor. Ketika weekend, tentu kita akan menemukan kemacetan di sejumlah titik di kota hujan ini.

Namun, begitu memasuki daerah atas, pengunjung akan melihat pemandangan hutan di kiri dan kanan jalan, hingga akhirnya sampai di Leuweung Geledegan.

Pemandangan bunga yang berwarna-warni, hijaunya pohon, danau yang tertata rapi, dan landscape pemandangan nan menawan, akan menjadi "hidangan" pertama ketika tiba di sana.

Jika beruntung, kita bisa mencicipi buah anggur Brasil yang langsung dipetik dari pohonnya, yang berjejer di sepanjang LGE.

Edukasi

Suasana Leuweung Geledegan Ecolodge di Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Suasana Leuweung Geledegan Ecolodge di Bogor, Jawa Barat.
Selain pohon-pohon yang berjejer, terdapat dua spot khusus untuk kebun buah-buahan dan taman bunga.

Dua spot ini bisa dijadikan ajang edukasi karena kita akan diperkenalkan dengan berbagai jenis buah yang sudah jarang ditemui.

“Seperti sapote, magic fruits, berbagai jenis anggur, dan lainnya,” ujar Direktur PT Bogor Wahana Kreasi sebagai pengelola LGE, Rizal Ginanjar Cahyaningrat kepada Kompas.com, belum lama ini.