LifeStyle

Rahasia Pilih Kiwi Dijamin Manis: Diraba, Dicium, Disendok

Rahasia Pilih Kiwi Dijamin Manis: Diraba, Dicium, Disendok

VIVA – Dari luar boleh saja dibilang mirip dengan sawo, tapi buah berwarna cokelat asal Selandia Baru ini punya rasa yang jauh berbeda. Ya kiwi, buah berkulit cokelat agak berbulu ini punya rasa yang segar, asam-asam manis.

Nah, buat kamu yang enggak suka dengan rasa buah kiwi yang terlalu asam, kamu bisa kok menikmati kiwi dengan rasa yang manis. Tapi, ada triknya, bagaimana memilih buah kiwi yang segar dengan rasa manis.

Cara paling mudahnya, pertama raba teksturnya. "Memilih kiwi jangan terlalu keras. Jadi ada teksturnya tapi jangan lembek juga. Caranya dengan dipencet pelan dan pakai feeling," ujar Executive Chef I Made Kona dalam acara Taste New Zealand di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa 3 September 2019.

Uya Kuya Tampil dengan Busana Tema Shark, Total Harga Rp18 Juta

Kiwi yang terlalu lembek, bukan menandakan kematangannya melainkan komposisi vitamin yang sudah menurun. Selain dengan cara diraba, Chef Kona menuturkan bahwa indera penciuman kita perlu digunakan untuk bisa memilih kiwi dengan kualitas terbaik.

"Aroma salah satunya. Beda saat kiwi kurang baik maka aromanya masam khas. Kalau masih terlalu muda juga, biasanya aroma asam sangat tercium," kata dia.

Untuk bisa mendapatkan vitamin yang tepat juga, cara makan buah kiwi turut menjadi pertimbangan. Chef Kona menyarankan konsumsi kiwi dengan cara menyendoknya langsung.

"Kiwi yang sudah masak itu bagusnya tinggal buka lalu disendok dagingnya. Selain disajikan segar, kiwi bisa dibuat sebagai selai melalui temperatur tertentu," jelasnya.

Nah, bicara soal buah yang satu ini, ternyata bukan sekadar segar rasanya. Kiwi juga terbukti memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

"Ada 2 jenis zespri kiwi asal New Zealand. Zespri green, seratnya lebih banyak dari pepaya jadi bagus untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Lalu Zespri sangold memiliki vitamin C lebih banyak dari jeruk bahkan tiga kali lipatnya," ujar CEO PT. Supra Boga Lestari, Tbk (Ranch Market & The Gourmet), Meshvara Kanjaya.

Untuk memanjakan para pecinta buah kiwi serta buah dan makanan sehat lainnya, New Zealand Trade & Enterprise berkolaborasi bersama Ranch Market dan The Gourmet menyelenggarakan Taste New Zealand. Program ini hadir selama satu bulan di seluruh gerai Ranch Market untuk memperkenalkan beragam produk berkualitas tinggi dari Selandia Baru kepada masyarakat Indonesia.