LifeStyle

Serangan Jantung Ringan Juga Wajib Ditanggapi Serius

Serangan Jantung Ringan Juga Wajib Ditanggapi Serius

KOMPAS.com - Tak ada yang lebih buruk dari pengalaman mengalami serangan jantung. Setelah itu, mungkin mereka merasa beruntung dan mengatakan baru saja mengalami serangan jantung ringan.

Sebagian besar orang pada dasarnya mengerti apa artinya serangan jantung ringan, namun ahli jantung, Joseph Campbell, MD, menganggap istilah tersebut menyesatkan.

"Meskipun hasilnya baik, serangan jantung ringan masih merupakan masalah besar. Semua serangan jantung serius," kata Campbell.

Mengenal serangan jantung ringan
Serangan jantung ringan adalah cara umum untuk merujuk pada infark miokard elevasi non-ST, atau NSTEMI. (Ini menunjukkan bagaimana detak jantung terlihat pada elektrokardiogram).

Pada tipe serangan jantung ini, darah mengalir melalui pembuluh darah yang sebagian tersumbat sehingga sirkulasi darah ke otot jantung berkurang.

"Jika kita diberi tahu bahwa kita mengalami serangan jantung ringan, itu bisa berarti jantung tidak menderita banyak kerusakan dan masih memompa secara normal," ucap Campbell.

Cara dokter mengetahui jenis serangan jantung yang dialami seseorang
Kita tak bisa memprediksi hasil serangan jantung hanya dari gejala atau seberapa parah kondisi jantung. Itu sebabnya, setiap gejala yang menunjukkan kemungkinan serangan jantung tak boleh diabaikan.

"Seberapa baik kesembuhan kita setelah serangan jantung tergantung pada seberapa cepat kita bertindak," kata Campbell.

"Semakin cepat mendapatkan perawatan darurat, semakin rendah kemungkinan kerusakan permanen pada jantung kita."

Jika seseorang pergi ke UGD dengan gejala serangan jantung, ia akan segera mendapat perawatan. Darah diperiksa untuk mengetahui enzim apa pun yang menunjukkan ada kerusakan pada otot jantung. Ekokardiogram noninvasif dilakukan untuk melihat seberapa baik jantung memompa.