LifeStyle

Teluk Ikonik dari Film The Beach Resmi Ditutup untuk Turis Hingga 2021

Teluk Ikonik dari Film The Beach Resmi Ditutup untuk Turis Hingga 2021

VIVA – Pernah menjadi lokasi syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio, Maya Bay yang ada di pulau Koh Phi Phi akhirnya ditutup lebih lama. Awalnya, penutupan dilakukan Juni-September 2018. Namun belakangan beredar kabar baru, bahwa pantai ini akan ditutup dalam waktu yang lebih lama.

Terkenal akan pasir putih dan airnya yang sejernih kristal dan menjadi tujuan wajib wisatawan saat berkunjung ke Thailand, tempat ini mengorbankan ekosistem pulau dan lingkungan, hingga memaksa pihak berwenang untuk menutupnya bagi turis sejak tahun 2018.

Secara resmi pantai ini ditutup untuk memulihkan kembali kondisi pantai dan lingkungan sekitarnya. Namun, pihak berwenang akhirnya memutuskan untuk menutupnya tanpa batas.

Dikabarkan, membludaknya turis menyebabkan terumbu karang di pulau ini menderita. Dan dengan menutup beberapa bulan saja, tidak memberi mereka waktu untuk sembuh dari kerusakan.

Saat ini, pihak berwenang setempat mengungkap bahwa mereka memutuskan untuk menutup tempat ini hingga setidaknya tahun 2021, dengan harapan akan ada cukup waktu bagi ekosistem untuk pulih.

Songtam Suksawang, direktur dari bagian Taman Nasional Thailand mengatakan, "Kami akan mengulas kembali ketika sudah siap dibuka untuk turis. Kami perlu waktu lebih untuk membiarkan alam kembali pulih. Tim kami akan menguji ulang situasinya setiap tiga bulan," seperti dilansir Mirror.

Untui diketahui, sebelum ditutup, pantai ini dikunjungi sekitar 5.000 orang per hari selama puncak musim liburan. Fakta itu tak mengherankan jika mengingat tempat ini cukup dekat dengan Phuket, sehingga memungkinkan turis untuk mampir dan melihat tempat indah ini. (zho)