LifeStyle

Tentang Meningitis, Sakit yang Disebut Penyebab Glenn Fredly Meninggal

Tentang Meningitis, Sakit yang Disebut Penyebab Glenn Fredly Meninggal

Indonesia baru saja kehilangan salah satu musisi hebatnya. Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 pukul 18.00 WIB di RS Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan.

Beberapa rekan menyampaikan jika Glenn meninggal dunia karena penyakit meningitis. Lalu apa penyakit meningitis itu? Dilansir dari Healthline, meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meninges.

Meninges merupakan tiga selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Jika cairan di sekitar meninges terinfeksi, itulah yang disebut sebagai meningitis.

Cukup banyak penyebab penyakit meningitis, yang paling umum adalah infeksi virus dan bakteri. Sementara penyebab lain adalah adanya kanker, jamur, iritasi kimia, hingga alergi pada obat.

Meningitis bisa menular melalui batuk, bersin, dan kontak dekat. Bakteri dan virus meningitis ini sangat serius sebab bisa menyebabkan kematian seperti yang dialami Glenn Fredly.

Bahkan kematian karena meningitis bisa terjadi dalam beberapa jam saja.  Beberapa orang berhasil sembuh dari virus ini tetapi kebanyakan juga mengalami cacat permanen seperti kerusakan otak, gangguan pendengaran, dan ketidakmampuan belajar dapat terjadi akibat infeksi.

Jika orang terserang virus meningitis, harus mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat agar bisa terhindar dari efek yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri itu.