LifeStyle

Ternyata Gampang, Ini Tips Bikin Roti Canai Khas Pontianak

Ternyata Gampang, Ini Tips Bikin Roti Canai Khas Pontianak

VIVA – Kamu pecinta roti canai dari Timur Tengah atau India? Roti yang banyak disukai orang Indonesia ini juga bisa ditemukan di Indonesia, lho.

Bentuknya pipih dan bulat, roti canai banyak ditemui di Kota Pontianak dan Aceh. Di Pontianak, roti canai biasa dimakan dengan kari, seperti di India.

Kalau Kamu salah satu penggemar kuliner ini, tak perlu khawatir tak menemukan roti canai. Kamu bisa, kok membuatnya sendiri di rumah.

Penjual Roti Canai Pak Ali yang sudah berjualan roti itu selama puluhan tahun, yaitu Fitri, warga Jalan Karet, Kecamatan Pontianak Barat akan berbagi tips membuat kue roti canai yang enak.

"Untuk membuat kue canai, bahan dasarnya tepung terigu, daging, ayam, sapi, kambing, kuah kari, bawang putih, bawang merah, garam, penyedap, ketumbar, kapulaga India, gula, cabai, merica dan kunyit," kata Fitri di kawasan Pasar Parit Besar, Pontianak saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Pertama, yang harus Kamu lakukan adalah campur susu hangat, margarin cair dan telur yang sudah dikocok, aduk rata. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis.

Ambil adonan kira-kira 30 gram, lalu bulatkan dan tata di dalam wadah yang sudah diberi minyak goreng.

Selanjutnya, diamkan kurang lebih 1 jam dan tutup dengan kain basah. Setelah itu, pipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang. Gulung roti hingga membentuk huruf S dan tumpuk jadi satu dan pipihkan lagi.

Masak di atas teflon sambil diolesi margarin. Balik roti dan masak sampai sisi satunya matang, kemudian angkat dan siap disajikan.

Menurut Fitri, kalau kue roti canai yang ia buat dijual dengan harga Rp25 ribu hingga Rp35 ribu per porsinya.

"Dulu roti canai pertama kali yang berjualan bapak saya, dan saya hanya melanjutkan jualan bapak. Roti Canai Pak Ali ini sudah dikenal masyarakat sejak puluhan tahun dan memiliki dua cabang. Di Pasar Parit Besar dan di Jalan Hijas," ujarnya.