LifeStyle

Traveloka Masuk Daftar Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia

Traveloka Masuk Daftar Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia

VIVA – Traveloka baru saja menoreh pencapaian yang membanggakan. Platform pemesanan travel dan lifestyle tersebut masuk dalam daftar eksklusif 50 perusahaan di Vietnam dengan predikat "Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia."

Diketahui, Traveloka telah melakukan ekspansi di negara Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Singapura.

Dikutip dari keterangan pers Traveloka, Kamis, 18 Juli 2019, publikasi sumber daya manusia terkemuka, HR Asia, melakukan sebuah studi komprehensif untuk menilai lingkungan tempat kerja, keterlibatan karyawan, dan kebijakan perusahaan.

Studi ini mencakup 11 pasar utama di Asia, mensurvei total 9.850 karyawan di 265 perusahaan yang beroperasi di Vietnam. Peneliti dari HR Asia melakukan penilaian terperinci dan mewawancarai eksekutif perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebijakan SDM, proses rekrutmen, informasi pekerjaan dan faktor-faktor lain untuk menilai kualitas lingkungan kerja dalam organisasi yang diteliti.

Survei ini dilaksanakan dengan berpusat pada Model Total Engagement Assessment (T.E.A.M), sebuah kerangka analitik baru yang mencakup keterlibatan emosional (Heart) karyawan, niat dan motivasi (Mind), advokasi dan perilaku (Soul), serta kesadaran kolektif (Think), sentimen tempat kerja (Feel), dan dinamika tim (Do).

Sebagaimana dinyatakan oleh William Ng, Penerbit Grup dan Pemimpin Redaksi Business Media International, penerapan model komprehensif ini, “menghasilkan survei keterlibatan karyawan secara 360 derajat yang tidak hanya mempelajari berapa banyak karyawan yang terlibat, tetapi juga bagaimana karyawan terlibat dalam lingkungan kelompok kerja dan bagaimana karyawan merespon inisiatif perusahaan”.

Seluruh respons pada survei ini dicatat untuk mengatasi masalah terkait budaya perusahaan, keterlibatan karyawan, dan dinamika tim.

Hasilnya menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja di 50 daftar perusahaan teratas ini menghargai spesialisasi individu, namun tetap ikut terlibat dalam high-level collaboration. 

Selain itu, karyawan pada perusahaan-perusahaan ini terus mencari cara untuk meningkatkan kontribusi mereka terhadap organisasi secara keseluruhan. Dengan kata lain, pekerja bertindak tanpa pamrih dan secara kolektif berusaha mencapai tujuan organisasi dengan lebih baik.

Studi ini membangun hubungan yang kuat antara inisiatif tingkat perusahaan dan keterlibatan karyawan. Dapat dikatakan bahwa perusahaan yang mengkomunikasikan tujuan mereka secara strategis kepada karyawan akan memicu motivasi dan kolaborasi tingkat tinggi di antara para pekerja.

Oleh karena itu, organisasi yang mendukung karyawan untuk memperoleh keterampilan tambahan dan menawarkan fleksibilitas pekerjaan kepada karyawan, lebih cenderung memiliki kinerja tingkat tinggi.

Traveloka memiliki nilai-nilai perusahaan yang mendukung Dedikasi, Kejujuran Intelektual, Keingintahuan, Empati, dan Kerendahan Hati di antara para pekerja. Nilai-nilai ini mewakili kekuatan pendorong di balik lingkungan kerja Traveloka yang fleksibel, dinamis, dan kolaboratif.

Ketika Traveloka Vietnam dinobatkan dalam daftar eksklusif dari 50 perusahaan terbaik untuk bekerja di seluruh Asia, yaitu peringkat ke-42, pencapaian tersebut dapat dikaitkan kepada nilai-nilai umum dan misi yang terbagi secara bersamaan dari atas ke bawah.

Traveloka, baik di dalam maupun di luar Vietnam, akan terus mendorong budaya kerja yang kolaboratif dan berkinerja tinggi di mana semua karyawan dapat berkontribusi, tumbuh, dan menemukan kesuksesan.