LifeStyle

Virus Corona Bikin Stres, Kenali 7 Tanda Kesehatan Mental Masih Baik

Virus Corona Bikin Stres, Kenali 7 Tanda Kesehatan Mental Masih Baik

Pandemi virus corona atau COVID-19 yang makin menggila membuat banyak orang ketakutan. Hal ini tentu bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental kita. Padahal, menjaga kesehatan mental juga tak kalah penting untuk menghindarkan diri kita dari virus ini.

Jika kesehatan mental terganggu, hal itu dapat melemahkan imunitas sehingga kita lebih mudah terpapar COVID-19. Nah, jika kamu mendapati tanda-tanda berikut ini, berarti kesehatan mental kamu masih dalam kondisi baik. Berikut pembahasannya seperti dilansir dari Times of India.

Bercerita

Daripada meluapkan emosi sendiri dan merenung selama berjam-jam, lebih baik kamu menyuarakan isi hatimu. Menceritakan tentang apa yang mengganggu atau membuat kamu kesal adalah cara yang sehat untuk mengatasi emosi yang tertahan dan menandakan bahwa kamu masih berada dalam ruang mental yang baik.

Makan dengan baik

Ketika kamu memberi tubuh sejumlah nutrisi melalui makanan seimbang yang kaya akan buah-buahan dan sayuran segar, secara tidak sengaja kamu telah menjaga kesejahteraan mental. Jadi, jika kamu mulai mengatur apa yang masuk ke dalam mulut dan menghindari junk food serta makanan olahan, itu jelas merupakan sinyal hijau. Sederhananya, memberi nutrisi pada tubuh juga akan menyehatkan pikiran.

Mengontrol emosi

Bisa mengontrol emosi berarti kita mampu menjaga kesehatan mental. Ketika kamu tidak meluapkan energi atau emosi ke orang lain, berarti kamu mencintai diri sendiri. Kamu punya cukup waktu untuk dirimu sendiri dan tidak terlalu marah atau kesal dengan situasi ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan.

Tetap berkomunikasi dengan orang lain

Tanda lainnya adalah, kamu tetap membalas pesan teks, menghadiri pertemuan atau bertemu dengan teman dan keluarga. Jadi, jika kamu tidak lagi membatalkan rencana pertemuan di menit terakhir, dan tetap menikmati saat berhubungan dengan teman-temanmu, itu pertanda baik.

Merawat diri

Jika kamu secara aktif bisa meluangkan waktu untuk memastikan bahwa kamu akan terlihat lebih baik, berarti kamu sudah berada di jalan yang benar. Kamu perlu menyediakan waktu untuk dirimu sendiri, entah itu berendam, merawat wajah, mencukur jenggot, atau menonton film favorit.

Meminta bantuan

Meminta bantuan tidak hanya terbatas pada mengunjungi seorang ahli kesehatan mental, tetapi juga mampu mengkomunikasikan kebutuhanmu kepada teman atau anggota keluarga lainnya, ketika kamu merasa tidak mampu mengerjakannya sendiri.

Menerima diri apa adanya

Kamu dapat menerima diri sendiri dan menghargai tubuhmu untuk hal-hal kecil yang kamu lakukan. Kamu merasa bangga dengan apa yang sudah kamu capai, tidak peduli betapa kecilnya hal itu. Dan yang tak kalah penting adalah, berusaha memperbaiki diri.