LifeStyle

Virus Corona Ditemukan di Makanan Beku Impor dari Eropa

Virus Corona Ditemukan di Makanan Beku Impor dari Eropa

Virus corona jenis baru atau COVID-19 telah ditemukan pada makanan beku impor atau frozen food di dua kota di China. Makanan beku tersebut berbentuk ayam dan udang yang dikirim dari negara Eropa.

Virus yang memicu pandemi itu sebelumnya telah ditemukan dalam sampel makanan, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meremehkan risiko virus itu memasuki rantai makanan. Dua kota telah menemukan jejak virus korona baru itu dalam kargo makanan beku impor.

Sampel yang diambil dari permukaan sayap ayam beku yang diimpor ke kota selatan Shenzhen dari Brasil. Serta, sampel kemasan luar dari udang beku Ekuador yang dijual di kota barat laut Xian, telah dites positif mengandung virus.

Di Tengah COVID-19, Anggaran Infrastruktur 2021 Cuma Rp414 Triliun

Ketika kasus COVID-19 yang dikonfirmasi terus meningkat secara global, penemuan tersebut menimbulkan kekhawatiran baru bahwa virus korona yang menyebabkan penyakit dapat menyebar ke permukaan dan memasuki rantai makanan.

Virus dapat bertahan hingga dua tahun pada suhu minus 20 derajat celcius, tetapi para ilmuwan dan pejabat mengatakan tidak ada bukti kuat sejauh ini virus corona dapat menyebar melalui makanan beku.

“Orang tidak boleh takut akan makanan, kemasan makanan, atau pengiriman makanan,” kepala program darurat Organisasi Kesehatan Dunia Mike Ryan mengatakan dalam pengarahan.

Pusat perbelanjaan

Sejalan dengan itu, fasilitas publik perlu dilakukan desinfeksi secara rutin. Untuk itu, selama tujuh hari penutupan, AEON Mal BSD CITY bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melakukan kegiatan sterilisasi dan disinfeksi, guna memastikan bahwa seluruh gedung pusat perbelanjaan aman dan sehat untuk para pengunjung dan karyawan.

Jokowi Pakai Baju Adat Sabu NTT di Sidang MPR, Dipuji Keren

Juanita Rustandi, selaku Senior Operation Manager dari PT AEON Mal Indonesia menyatakan, selama penutupan gedung pihaknya telah melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan secara menyeluruh.

"Mulai dari bagian luar gedung sampai ke bagian dalam area toko tenant AEON Mal BSD CITY. Kami berterima kasih atas dukungan tim Gugus Tugas Covid-19 dan Pemkab Tangerang yang secara bahu-membahu melakukan disinfeksi dalam upaya mengurangi potensi penyebaran virus korona," tuturnya.