Nasional

5 Tokoh Calon Menteri Sudah Datangi Istana

5 Tokoh Calon Menteri Sudah Datangi Istana

VIVA – Setelah Sri Mulyani, Syahrul Yasin Limpo dan Agus gumiwang menyusul datang ke Istana Kepresidenan, Senin pagi ini, 22 Oktober 2019. Sama dengan calon menteri Jokowi periode lima tahun ke depan, mereka datang dengan kemeja putih dan celana hitam.

Syahrul Yasin Limpo merupakan politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode. Sementara Agus Gumiwang merupakan mantan Menteri Sosial yang menggantikan Idrus Marham dan kader Partai Golkar.

Setelah dua tokoh itu, datang anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Juliari P Batubara. Dia datang dalam balutan dress code calon menteri Jokowi periode 2019-2024. Menteri perempuan lain yang hadir adalah mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Kader Partai Nasdem itu juga mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Juru bicara Istana, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan bahwa hari ini, Presiden Jokowi akan kembali memanggil sejumlah nama calon menteri 'muka lama' dan 'muka baru'. Dia memperkirakan bakal ada 7-9 orang yang akan dipanggil ke Istana hari ini.

"Mungkin antara 7-9 orang tapi kalau sampai jam 3 atau 4 sore belum selesai, tidak semua bapak ibu calon menteri dipanggil. Karena dari off line, ada yang ditelpon dan yang lama hanya mencocokan chemistry dan evaluasi. Kalau nomenklatur diubah, tinggal lakukan evaluasi," kat dia, seperti dikutip dari tvOne.

Sementara Jokowi kemarin, Senin, 21 Oktober telah memanggil sejumlah tokoh, baik dari kalangan profesional hingga partai. Beberapa nama yang telah dipanggil Jokowi pada Senin kemarin, di antaranya Mahfud MD, Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Thohir, Airlangga Hartato, Prabowo Subianto, Edhy Prabowo, Praktikno, Fajroel Rachman, dan Nico Harjanto.