Nasional

9 Positif Corona di Papua: 2 di Merauke, 5 di Jayapura, 2 di Timika

9 Positif Corona di Papua: 2 di Merauke, 5 di Jayapura, 2 di Timika

Jumlah pasien positif terjangkit virus Corona COVID-19 di Provinsi Papua hingga Minggu, 29 Maret 2020 pukul 19.00 WIT sudah  bertambah dua orang. Diketahui sebelumnya tujuh orang positif Corona di Papua.

Berdasarkan data yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas  Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule kepada wartawan, Minggu, 29 Marer 2020, pasien positif Corona berjumlah toal kini sembilan orang. Semuanya sedang dirawat.

“Hari ini ada dua tambahan kasus di Papua, ini sudah disampaikan oleh juru bicara nasional, dari tujuh mejadi sembilan. Dua kasus baru ini ditemukan di Kabupaten Mimika,”kata dr Silwanus Sumule.

Kondisi pasien disebutkan dalam kondisi yang stabil. Yang dialami antara lain gejala ringan dan sedang.

Dikatakannya, rumah sakit yang menjadi pusat rujukan Covid-19 di Papua ada sebanyak 16 rumah sakit. Sementara untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sesuai dengan data yang diterima gugus tugas, hari ini menjadi 5.569 orang dengan tambahan 3.258 orang  dari sebelumnya sebanyak 2.311 orang.

“Jadi ada penambahan ODP hari ini sebanyak 3.258 orang, dan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 43 orang. Dari 43 orang ini ada yang pulang 3 orang adan penambahan sebanyak 3 orang, 2 orang di RS Biak dan 1 orang di RS Provita,” kata Sumule.

Penambahan jumlah ODP sebanyak 3.258 orang ini merupakan data hasil rekap data sebelumnya. Data tersebut  paling banyak diterima dari karantina kesehatan pelabuhan (KKP) yakni sebanyak 4.087 orang, sedangkan dari data kabupaten dan kota yang sudah diterima sebanyak 1.482 orang.

Untuk pemeriksaan sampel yang sudah dilakukan oleh tim medis, menurut Sumule, ada sebanyak 109 sampel, dengan hasil positif sebanyak 9 orang.

Pada kesempatan itu Sumule juga melakukan klarifikasi terhadap jumlah positif di mana pada hari sebelumnya dikatakan bahwa jumlah pasien positif Corona di Kabupaten Merauke dikatakan ada tiga kasus. Namun setelah dilakukan pengecekan ulang ke Jakarta penyebaran kasus positif yaitu 2 orang di Merauke, 5 orang di Kota Jayapura dan 2 orang di Timika.

Pada saat melakukan pemeriksaan laboratorium, ada kasus yang dinyatakan positif meragukan, dalam positif meragukan ini tim dokter memutuskan bahwa pasien positif, sehingga pasien langsung diisolasi.

“Sebelum pasien-pasien yang positif ini dipulangkan apabila nanti sudah membaik, mereka akan dilakukan pemeriksaan ulang apakah mereka sudah betul-betul sembuh atau belum,” kata dia soal pasien Corona COVID-19.