Nasional

Anak-anak Berpotensi Jadi Carrier Covid-19, Lansia Harus Hati-hati ketika Kontak dengan Cucunya

Anak-anak Berpotensi Jadi Carrier Covid-19, Lansia Harus Hati-hati ketika Kontak dengan Cucunya

JAKARTA, - Ketua Aliansi Telemedis Indonesia Pumawan mengungkapkan tiga sumber penularan virus corona bagi para lansia yang kerap terlupakan.

Sumber pertama adalah paket yang diantar kurir. Maka dari itu, dokter berusia 67 tahun tersebut menilai, paket harus diurus dengan hati-hati.

“Itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang nganter, jadi kita harus lakukan sebagai benda terinfeksi,” kata Pumawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (28/3/2020).

Selain itu, sumber kedua adalah uang tunai.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah mengungkapkan kemungkinan virus corona dapat berpindah melalui uang tunai.

Pumawan pun menerapkan cara khusus bila bersentuhan dengan uang tunai, yaitu memegangnya dengan plastik dan menyimpannya di tempat khusus di rumah.

Kemudian, Pumawan meminta para lansia berhati-hati bila kontak dengan cucu.

Menurutnya, para cucu berpotensi sebagai carrier Covid-19 dan dapat menularkannya kepada para lansia yang termasuk kelompok rentan terjangkit virus corona.

“Yang ketiga ini memang agak riskan yaitu cucu, kan dari segi kesehatan, kalau kakek itu rentan, cucu itu biasanya tahan tapi dia menjadi carrier,” ujarnya.

“Jadi untuk sementara, hati-hati ketika berhubungan dengan cucu, jadi kita harus selalu berhati-hati, waspada, cuci tangan, pakai masker,” sambung dia.

Adapun jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 1.155 kasus per Sabtu (28/3/2020).

Jumlah tersebut bertambah sebanyak 109 kasus dibanding data pada Jumat (27/3/2020).

Dari jumlah tersebut, 59 pasien dinyatakan sembuh sementara 102 pasien meninggal.