Nasional

Atasi Covid-19, Pemerintah Diminta Kembangkan Industri Kesehatan dan Teknologi

Atasi Covid-19, Pemerintah Diminta Kembangkan Industri Kesehatan dan Teknologi

JAKARTA, - Ketua Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Meutya Hafid, meminta pemerintah untuk meningkatkan kemampuan industri kesehatan dan teknologi.

Menurut Meutya, peningkatan kemampuan di kedua sektor tersebut penting bagi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Meutya mengatakan, Indonesia perlu mengembangkan sektor kesehatan nasional melalui kerja sama riset dengan negara lain.

Sebab, Indonesia juga tidak bisa bergantung terus-menerus kepada negara lain dalam pemenuhan ketersedian kebutuhan alat-alat kesehatan.

"Pandemi Covid-19 menyadarkan dunia akan pentingnya sektor industri kesehatan. Indonesia juga perlu untuk semakin meningkatkan sektor kesehatannya melalui kerja sama riset dengan negara-negara lainnya," kata Meutya dalam diskusi "Tren Geopolitik Dunia di Tengah Covid-19, Jumat (12/6/2020).

Selain itu, ia menyatakan, negara yang memiliki kesiapan dan kapasitas dalam penggunaan teknologi digital lebih kuat menghadapi masa krisis.

Meutya pun mendorong Indonesia meningkatkan adopsi teknologi digital di semua aspek, khususnya ekonomi.

"Studi menyebutkan bahwa negara yang memiliki kesiapan dalam mengadopsi teknologi digital, terutama dalam ekonominya, akan lebih kuat dalam menghadapi krisis ini," ucapnya.

Konsekuensinya, peningkatan keamanan siber juga perlu diperhatikan. Menurut Meutya, penguatan keamanan siber ini juga dapat dicapai melalui kerja sama internasional antarnegara.

Maka, ia menyatakan Indonesia juga perlu mendorong peningkatan kerja sama di bidang keamanan siber.

"Indonesia perlu meningkatkan keamanan sibermya dan juga turut mendorong kerja sama global dalam memperkuat keamanan siber, termasuk menghidupkan kembali diskusi mengenai aturan internasional terkait keamanan siber," tutur Meutya.