Nasional

BMKG Prakirakan Pancaroba Mulai Akhir Maret sampai Awal Mei 2020, Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG Prakirakan Pancaroba Mulai Akhir Maret sampai Awal Mei 2020, Waspada Cuaca Ekstrem

JAKARTA, - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprakirakan, sebagian wilayah Indonesia mulai memasuki musim pancaroba alias peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret hingga awal Mei 2020.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Widada Sulistya menyampaikan, prediksi itu berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer.

"Secara umum saat pancaroba, perubahan kondisi cuaca relatif lebih cepat, di mana pada pagi-siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas terik dan dapat diikuti hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat yang dapat terjadi pada siang-sore hari," jelas Widada melalui siaran pers BMKG, Sabtu (28/3/2020).

"Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan es, banjir bandang, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km/jam dalam durasi singkat," imbuh dia.

Berdasarkan dinamika atmosfer terkini, BMKG memprakirakan, pada tanggal 28-31 Maret 2020, potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di belasan provinsi, termasuk DKI Jakarta.

Wilayah-wilayah itu antara lain:

1. Pesisir barat Sumatera

2. Jawa Barat

3. DKI Jakarta

4. Jawa Tengah