Nasional

BNPB Sebut Titik Terdampak Banjir di Bogor dan Lebak Sudah Dapat Bantuan Logistik

BNPB Sebut Titik Terdampak Banjir di Bogor dan Lebak Sudah Dapat Bantuan Logistik

JAKARTA, - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Doni Monardo mengatakan hampir seluruh lokasi di Lebak dan Bogor yang terdampak banjir telah menerima bantuan logistik.

Hal itu ia katakan usai memberikan penghargaan pada pilot TNI Angkatan Darat dan jurnalis di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

"Sejauh ini hampir semua ya hampir semua daerah sudah mendapat bantuan logistik jadi kebutuhan mininal sudah terpenuhi," kata Doni.

Doni mengatakan, daerah yang sulit dilalui karena bencana juga sudah ditangani oleh BNPB.

Sehingga bantuan logistik sudah terdistribusi dengan baik ke daerah-daerah yang membutuhkan.

"Tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat disiapkan helikopter. helikopter yang juga didukung oleh TNI angkatan darat dan juga helikopter yang disiapkan oleh BNPB," ungkapnya.

Dia menegaskan semua tindakan BNPB juga dibantu oleh pihak lainnya.

Mulai dari Polri, BPBD, hingga BUMN juga turut membantu BNPB dalam melakukan tugas pasca-bencana.

"Termasuk juga didukung oleh BUMN yang mengerahkan semua kekuatannya ditambah lagi para relawan dari berbagai daerah di tanah air yang telah ikut memberikan bantuan," ucapnya.

Sebelumnya, Doni juga masih menunggu usulan dana dari Bupati Lebak dan Bupati Bogor terkait berapa anggaran yang diperlukan masyarakat untuk renovasi rumah yang rusak akibat bencana.

"BNPB masih menunggu permohonan dari para Bupati Lebak dan Bogor usulan untuk kebutuhan masyarakat baik itu dana untuk hunian yang nanti akan digunakan untuk sewa rumah bagi masyarakat yang terdampak," kata Doni.

"Termasuk juga kebutuhan-kebutuhan untuk relokasi kami masih menunggu dari pemerintah daerah," lanjutnya.