Nasional

Didukung Amien Rais, Mulfachri Harahap Gandeng Hanafi Rais dalam Kongres PAN

Didukung Amien Rais, Mulfachri Harahap Gandeng Hanafi Rais dalam Kongres PAN

JAKARTA, - Bakal calon Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap mengaku mendapatkan dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Ia mengatakan, dukungan itu diberikan Amien kepada dirinya setelah melalui diskusi panjang.

"Dukungan Pak Amien kepada saya itu dukungan yang sifatnya sangat rasional. Jadi Pak Amien tidak ujug-ujug mendukung saya," kata Mulfachri di Sekretariat DPP PAN di Jl Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

"Lewat sebuah dialektika yang panjang, sebuah diskursus yang mendalam baru kemudian beberapa saat saya menyampaikan rencana saya untuk maju, Pak Amien memanggil saya dan menyatakan, 'Saya mendukung Anda'," ucap dia.

Mulfachri bercerita bahwa ia membahas soal rencananya untuk ikut berkompetisi sebagai calon ketua umum di Kongres V PAN.

Ia bersama Amien juga membahas soal situasi terkini di tubuh partai.

"Saya datang ke Pak Amien, saya sampaikan semacam proposal katakan seperti itu. Saya jelaskan situasi PAN hari ini dan saya sampaikan juga kira-kira PAN itu ke depan baiknya seperti apa dan terjadi diskusi yang sangat mendalam," kata dia. 

Mulfachri pun mengatakan, ia akan maju bersama Hanafi Rais di kongres partai. Hanafi yang merupakan putra Amien Rais itu digandeng sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Mulfachri berjanji mendobrak aturan partai yang mengatur bahwa calon ketua umum maju seorang diri.

"Kami memulai tradisi baru. Jadi saya kira ini baik ke depan, jadi saya maju langsung berpasangan dengan Hanafi Rais," ucap Mulfachri.

Pemilihan ketua umum periode 2020-2025 dilakukan dalam Kongres V PAN. Kongres digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 10-12 Februari 2020.

Ketua Steering Committe (SC) Kongres PAN Eddy Soeparno mengatakan, ada 590 pemilik suara untuk pemilihan ketua umum PAN yang terdiri dari 34 dewan pimpinan wilayah (DPW), 514 dewan pimpinan daerah (DPD), serta hak suara ketua, sekretaris jenderal, dan bendahara umum.

"514 DPD ketua yang memiliki hak suara. Tiga suara DPP, ketum, sekjen, bendum, majelis pertimbangan pusat (MPP) 1 suara dan sayap partai dan perwakilan luar negeri," ucap Eddy, Kamis (30/1/2020).