Nasional

DPR Akan Panggil Lagi Anies, Ridwan Kamil, dan Wahidin untuk Rapat soal Banjir

DPR Akan Panggil Lagi Anies, Ridwan Kamil, dan Wahidin untuk Rapat soal Banjir

JAKARTA, - Komisi V DPR akan kembali mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan setelah masa reses berakhir, yaitu pada Maret 2020 untuk membahas penanganan banjir di Jabodetabek.

Hari ini, Anies tak hadir dalam rapat Komisi V DPR yang mengagendakan pembahasan penanganan banjir di Jabodetabek. Rapat pun ditunda.

"Setelah begitu kami selesai reses, masuk, kami akan undang segera," kata Ketua Komisi V DPR, Lasarus, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Selain Anies, Lasarus mengatakan, Komisi V juga akan kembali mengundang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Keduanya juga tidak hadir dalam rapat hari ini meski telah diundang.

Padahal, kata Lasarus, Komisi V sengaja mengagendakan rapat hari ini untuk menyelesaikan polemik yang muncul di publik terkait banjir di Jabodetabek.

Selain itu, ia menilai koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait penanganan banjir tampak minim.

"Karena kami melihat perdebatan di ruang publik sudah terlalu ramai. Kenapa tidak duduk satu meja bersama menteri, kita bicarakan bersama-sama, tetapi teman-teman lihat sendiri hari ini yang kami undang hanya menteri yang datang, tapi gubernur tidak ada yang datang," tutur dia. 

Komisi V DPR memutuskan menunda rapat pembahasanan penanganan banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya siang tadi.

Sebab, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan absen dalam rapat tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim yang diundang dalam rapat juga absen dan diwakilkan.

"Saya setuju rapat ini kita tunda, kita jadwal ulang rapat ini sampai nanti gubernurnya bisa hadir," kata Ketua Komisi V DPR, Lasarus, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Anies diwakili Deputi Tata Ruang DKI Jakarta Fera Revinasari, Ridwal Kamil diwakili Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, dan Wahidin diwakili Sekda Banten Al Muktabar.

Sementara itu, rapat dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito.