Nasional

Efek Pentas Rhoma Irama, Pemkab Bogor Gelar Rapid Test di Pamijahan

Efek Pentas Rhoma Irama, Pemkab Bogor Gelar Rapid Test di Pamijahan

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Gugus Tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor berencana menggelar rapid test atau tes cepat di Pamijahan, Selasa besok, 7 Juli 2020. Langkah itu diambil menyusul adanya kerumunan massa dalam pesta khitanan dengan kehadiran pedangdut Rhoma Irama.

"Rencananya Selasa besok (rapid test). Kita sediakan 300 sampai 500 ya (rapid test)," kata Bupati Bogor Ade Yasin, Senin 6 Juli 2020.

Ade menyampaikan, pelaksanaan rapid test sebagai bentuk konkret pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19. Usai acara khitanan, kata Ade, timnya langsung turun melakukan tracing yang hadir dalam acara dangdut itu.  “Kami tak mau Pamijahan jadi klaster baru Corona,” jelas Ade.

Pun, ia mengimbau agar masyarakat proaktif dan persuasif dalam pelaksanaan rapid test nanti. Dia menekankan, saat ini diperlukan pemetaan dalam basis acuan penanganan dan mitigasi COVID-19.

Apalagi, pesta khitanan digelar lebih dari satu hari. Sebab, tak hanya acara dangdutan tapi ada juga acara wayang golek di hari sebelumnya.

“Kita tidak pernah tahu ketika acara, apakah semua benar-benar clean (bersih) dari Corona? Ini yang kita antisipasi. Jangan sampai masyarakat jadi korban,” jelas Ade.

Dia menyampaikan dalam menekan angka penularan COVID-19, perlu peran dari semua pihak. Ia hanya berpesan acara khitanan yang dihadiri Rhoma harus jadi pelajara.

“Kita bantu para petugas medis. Saling menjaga. Acara kemarin harus kita jadikan pelajaran,” ujar politikus PPP itu.

Rencananya, yang akan di-rapid test adalah warga yang hadir sebagai undangan dan pihak keluarga Surya Atmaja sebagai penyelenggara.

Terkait soal swab test, Ade bilang Pemkab Bogor akan lebih dulu melaksanakan rapid test. Namun, jika hasilnya reaktif baru selanjutnya akan dilakukan swab test.

"Kan direaktif dulu kalau rapid reaktif, baru akan di-swab test," tutur Ade.

Sebelumnya, pada Minggu, 28 Juni 2020, salah seorang warga Desa Cibunian, Pamijahan, Surya Atmadja menghelat acara khitanan. Saat itu, pria yang akrab disapa Abah itu mengundang sejumlah tamu beken seperti pedangdut Rhoma Irama. Raja Dangdut itu bahkan sempat menyumbangkan lagu di acara tersebut.

 

Ridwan Kamil: Kasus Rhoma Irama Jadi Contoh Jangan Main-main saat PSBB