Nasional

Gubernur Aceh Minta Dana Otsus Diperpanjang, Begini Jawaban Jokowi

Gubernur Aceh Minta Dana Otsus Diperpanjang, Begini Jawaban Jokowi

ACEH, - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap dana otonomi khusus (otsus) untuk Aceh dapat diperpanjang.

Sebab, seperti diketahui, pemberian dana otsus itu berakhir pada tahun 2028.

"Kami berharap agar kebijakan dana otsus untuk Aceh tidak dibatasi sampai 2027 saja," kata Nova saat memberikan sambutan dalam acara Kenduri Kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Aceh, Sabtu (22/2/2020).

Nova mengatakan, sejak berlaku pada tahun 2008, dana otsus telah banyak berperan dalam mengentaskan kemiskinan di Aceh.


Oleh karenanya, ia berharap pemberian dana otsus untuk provinsinya tidak berhenti sampai pada tahun ke-20.

"Karena sudah terbukti selama 11 tahun kebijakan dana otsus di Aceh setidaknya 18 persen kemiskinan di Aceh dapat diturunkan berkat dana itu," kata dia.

Menanggapi permintaan itu, Presiden Joko Widodo yang juga hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan mengatakan bahwa dana otsus Aceh jumlahnya tak main-main.

Tahun ini, dana yang digelontorkan mencapai Rp 8 triliun. Belum lagi, Aceh juga menerima anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar Rp 9 triliun.

Jumlah yang sangat besar itu, kata Jokowi, kerap kali membuat daerah lain menjadi iri.

"Uang Rp 17 triliun itu juga uang yang sangat gede sekali plus APBD yang ada di kabupaten dan kota," ujar Jokowi.

Dengan jumlah uang yang demikian besar, Jokowi meminta supaya pemda melakukan pengelolaan yang baik, bersih, dan akuntabel.

"Bagaimana tata kelolanya, bagaimana governmentnya, apakah APBD itu tepat sasaran, bermanfaat untuk rakyat, dirasakan oleh rakyat, itu yang masih menjadi tanda tanya saya," kata dia.