Nasional

Habibie Akan Dimakamkan di Samping Makam Ainun

Habibie Akan Dimakamkan di Samping Makam Ainun

VIVA – Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia hari ini, Rabu, 11 September 2019 sekitar pukul 18.05 WIB. Habibie mengembuskan napas terakhirnya usai berjuang melawan penyakit jantung dan dirawat selama 11 hari di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Semasa hidup, ia dikenal sebagai seorang negarawan dan kiprahnya dalam memajukan industri teknologi tanah air banyak dikenang. Sebagai seorang suami, Habibie juga dikenal sebagai seorang sosok yang romantis dan setia pada almarhumah Hasri Ainun.

Meski telah ditinggal lebih dahulu oleh sang istri pada 2010 silam, BJ Habibie kerap menampilkan dirinya yang masih mencintai ibu Ainun sepenuh hati. Bahkan ia sempat berpesan untuk disemayamkan di samping peristirahatan terakhir mendiang sang istri.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta pada Kamis, 12 September 2019, tepat di sebelah makam Ainun.

"Kita koordinasi soal slot pemakaman di sebelah almarhumah Ibu Ainun, slot 120 sampai 121," kata dia seperti dikutip dari tvOne.

Selain itu pemerintah Indonesia telah menetapkan hari kepergian Habibie sebagai Hari Berkabung Nasional. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga tiga hari ke depan hingga Sabtu, 14 September 2019 mendatang.