Nasional

Indonesia-Vietnam Peringati 60 Tahun Hubungan Persahabatan

Indonesia-Vietnam Peringati 60 Tahun Hubungan Persahabatan

JAKARTA, - Indonesia dan Vietnam merayakan 60 tahun hubungan persahabatan kedua negara dengan menggelar pameran foto di Gedung Arsip Nasional.

Pameran itu menampilkan foto-foto ketika proklamator Indonesia Soekarno dan Bapak Bangsa Vietnam Ho Chi Minh saling bertukar kunjungan pada tahun 1959 silam.

Pameran yang digelar di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Barat, tersebut dibuka oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Menlu Vietnam Vietnam, Bui Thanh Son pada Jumat (8/11/2019).

Selain itu, pembukaan pameran juga dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Menlu Retno menjelaskan, pertukaran kunjungan antara kedua tokoh itu memiliki makna fundamental.

Pertemuan itulah yang mendasari persahabatan antara kedua negara yang berlangsung hingga saat ini.

"Persahabatan tak bisa dibangun dalam satu malam saja. Dalam konteks ini, persahabatan pendiri negara kita Bung Karno dan Presiden Vietnam Bapak Ho Chi Minh punya arti strategis," ujar Retno dalam sambutannya.

Menurut Retno, pameran ini memiliki makna strategis mengingat tahun ini kedua negara melaksanakan perayaan persahabatan kedua negara yang ke-60 tahun.

Indonesia dan Vietnam pun akan sama-sama menjadi anggota tak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB pada tahun depan.

"Ini bukan pertama kalinya, karena kita juga pernah sama-sama di tahun 2008. Maka itu kami sangat bahagia bisa ikut merayakan hubungan ini," ujar Retno.

Retno kemudian mengutip sebuah pernyataan legendaris dari Bung Karno sebagai pemaknaan atas esensi pameran itu.