Nasional

Jaksa KPK Telusuri Pertemuan Nyoman Dhamantra dengan Pihak Lain Terkait Impor Bawang Putih

Jaksa KPK Telusuri Pertemuan Nyoman Dhamantra dengan Pihak Lain Terkait Impor Bawang Putih

JAKARTA, - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Takdir Suhan menelusuri pertemuan yang diikuti mantan anggota DPR, I Nyoman Dhamantra dengan pihak lain terkait pengurusan kuota impor bawang putih.

Salah satunya dengan menggali kesaksian dari supervisor Restoran Imperial Steam Pot Senayan City, Nur Fitria Farhanah.

Adapun Nur Fitria bersaksi untuk tiga terdakwa kasus dugaan suap terkait pengurusan kuota impor bawang putih, yakni Chandry Suanda alias Afung, Dody Wahyudi, dan Zulfikar.

Pada awalnya, jaksa Takdir menelusuri kaitan Nyoman Dhamantra dengan teman dekat Dhamantra, Mirawati Basri, saat berkunjung ke restoran.

Dhamantra dan Mirawati masih berstatus sebagai tersangka dalam perkara ini.

"Tadi kan saksi sampaikan mengenal Pak Nyoman dan Ibu Mirawati. Sepengetahuan saksi, Pak Nyoman apakah masuk sebagai tamu reguler VIP?" kata jaksa Takdir ke Nur Fitria di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta (2/12/2019).

"Iya, kita kan buka tahun ini sejak bulan Januari tanggal 25. Sebelumnya Ibu Mira pernah makan di bulan Maret, dia duduk di area depan sebelumnya. Karena dia suka merokok untuk fasilitasnya kan hanya boleh di VIP room, kemudian saya izin manajer saya dan diperbolehkan khusus bagi Bu Mira karena dia sering makan," ucap Nur Fitria.

Menurut Nur Fitria, Mirawati dan Nyoman Dhamantra terlihat beberapa kali makan di restoran itu. Biasanya, kata dia, yang memesan tempat adalah Mirawati.

"Pesannya dua (ruangan VIP) yang digabungkan jadi satu ruangan. Yang selalu saya lihat, Pak Nyoman selalu ada. Kalau kedatangan, kadang Bu Mira dulu, kadang Pak Nyoman dulu. Kalau yang duluan ninggalin seingat saya biasanya Pak Nyoman duluan," kata dia.

Jaksa Takdir pun memperlihatkan sejumlah cuplikan layar rekaman kamera closed circuit television (CCTV) tanggal 1 Agustus 2019 yang disita penyidik KPK.

"Pertama, bapak yang di tengah yang merangkul temannya, saksi kenal?" ucap jaksa Takdir.