Nasional

Komnas PA Ajak Masyarakat Saling Berdonasi di Tengah Wabah Corona

Komnas PA Ajak Masyarakat Saling Berdonasi di Tengah Wabah Corona

JAKARTA, - Komnas Perlindungan Anak mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan bantuan kemanusiaan terhadap warga yang terkena dampak wabah Covid-19 atau virus corona.

"Memohon kepada anggota masyarakat apapun latarbelakangnya untuk berkenan memberikan dukungan solidaritas yang tulus kepada keluarga yang mengalami dampak pandemi Covid-19," ujar Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/4/2020).

Dia menjelaskan dukungan solidaritas kemanusiaan itu dapat dilakukan melalui donasi uang yang dapat dikirimkan melalui rekening Komnas PA Bank CMB Niaga.

Dengan nomor rekening 800001335400 dan donasi natura berupa beras kemasan 5 dan 10 kilogram, mie instan, gula kemasan, minyak goreng kemasan, teh, masker dan sabun yang dapat dikirimkan ke Sekretariat Komnas Perlindungan Anak di Jalan TB Simatupang Nomor 33, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Bantuan dapat dikomunikasikan kepada staff Komnas PA, Bayu di Nomor 08956014 36723 dan Utami di Nomor 087869003826," terang dia.

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan yang dikumpulkan dari masyarakat nantinya akan disalurkan kepada masyarakat miskin yang sedang menghadapi wabah COVID 19.

Pada hari yang sama, Komnas PA juga telah menyalurkan 25 paket bantuan sembako kepada keluarga miskin, berpenghasilan terbatas, dan kehilangan pekerjaan (PHK).

Paket dukungan dan bantuan sosial ini ditargetkan dapat dibagikan kepada 300 orang keluarga yang membutuhkan.

Hal itu dilakukan melalui kerjasama dengan ketua Rukun Tetangga (RT) untuk menentukan warga yang mana yang patut menerima bantuan.

Serta hasil pengamatan dan survey bagi pedagang asongan dan sopir angkutan kota berstatus berkeluarga.

Dia menambahkan, agar tidak melanggar protokol dan ketetapan (Protap) melawan pandemi corona yang telah ditetapkan pemerintah, pembagian Sembako itu hanya dibatasi penyalurannya untuk 20 sampai 25 orang per dua hari.

"Sambil menunggu donasi dan penyediaan sembako dari masyarakat lainnya, dan mudah-mudahan dengan pemberian sembako ini dapat sedikit meringankan beban penyediaan bahan makanan di rumah," terang Arist.