Nasional

Kotornya Mini Zoo, Ini Penjelasan Kostrad Cilodong

Kotornya Mini Zoo, Ini Penjelasan Kostrad Cilodong

VIVA – Kepala Penerangan Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim angkat bicara terkait postingan di salah satu akun media sosial yang menyorot kondisi tak layak sejumlah kandang binatang atau mini zoo di area kolam renang Tirta Gupti, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

“Iya benar itu di kondisi Divisi 1 Kostrad Cilodong,” katanya, Selasa 11 Juni 2019

Adhi menjelaskan, kondisi tersebut disebabkan membeludaknya jumlah pengunjung beberapa hari lalu, saat libur Lebaran.

“Memang sempat kotor karena beberapa hari lalu, ramai pengunjung sekitar dan banyak yang asal memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” kata dia.

Adhi mengakui kondisi itu terjadi lantaran pengawasan yang kurang terhadap kebun binatang di area tersebut. Hal ini terjadi akibat jumlah petugas yang minim karena libur cuti.

“Memang kemarin saat libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang datang dari daerah sekitar dan kemungkinan pengawasan yang kurang dari petugas karena kebetulan sebagian sedang izin cuti sehingga banyak pengunjung yang memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” kata dia.

Namun Adhi menegaskan, saat ini kondisi kebun binatang sudah tampak normal usai dibersihkan “Mini zoo itu juga sudah diberi papan peringatan yang lebih jelas untuk pengunjung tidak sembarangan memberi makan hewan,” ujarnya

Lebih lanjut ia juga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan balai konservasi untuk kelanjutan pemeliharaan hewan-hewan tersebut. “Ya apabila diperkenankan tetap dipelihara di sana (Kostrad Cilodong) sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Atau diserahkan ke kebun binatang atau pihak balai.”

Seperti diketahui, kondisi tersebut terungkap setelah tersebar di media sosial. Akun dengan nama helocilukba itu menerangkan, kondisi kandang sejumlah binatang yang ada di tempat itu terkesan tidak terawat. Keterangan itu diperkuat dengan postingan foto yang diunggah pada Minggu 9 Juni 2019. Pada postingan tersebut, si pengunggah menyebutkan, area tempat kolam buaya atau yang disebut "mini zoo" kondisinya terlihat tidak nyaman.

“Saat berkunjung hari itu, kondisi makanan yang diberikan pun sudah tidak layak, pisang-pisang yang ada di dalam ember tersebut sudah berbusa/berlendir, busuk dan berbau tidak enak. Burung-burung kasuari pun makan dari situ, tidak ada makanan baru yang terlihat,” kata pengunggah dalam akun tersebut.

Sementara itu, VIVA mencoba mengonfirmasi hal tersebut, sayangnya pihak petugas jaga di sekitar area melarang melakukan peliputan. Petugas bahkan tidak mengijinkan awak media untuk memeriksa langsung ke dalam lokasi.

“Enggak boleh, enggak boleh masuk,” kata petugas tersebut saat berjaga di pintu loket.

Pantauan di lokasi melaporkan, meski demikian area wisata itu tampak masih ramai dikunjungi. Lokasi mini zoo tak jauh dari area kolam renang dan dibuka untuk umum.