Nasional

Lindungi Tenaga Medis, Dompet Dhuafa Berikan Bilik Sterilisasi dan APD ke RSUD Pasar Rebo

Lindungi Tenaga Medis, Dompet Dhuafa Berikan Bilik Sterilisasi dan APD ke RSUD Pasar Rebo


KOMPAS.com -  Tim Disaster Management Centre Dompet Dhuafa memfasilitasi Disinfection Chamber atau bilik sterilisasi di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Pemberian fasilitas itu dalam upaya menekan korban jiwa akibat Covid-19 terutama tenaga medis terkhusus di RSUD Pasar Rebo.

Mengutip perkataan Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Halik Malik, ada 12 dokter yang meninggal dalam sebulan ini. Sebelas di antaranya terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Penerapan siaga antisipasi penularan Covid-19 juga dilakukan dengan peningkatan protokol kesehatan di rumah sakit tersebut.

Bentuk penerapannya adalah screening suhu tubuh, penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer di wastafel portable, sterilisasi di bilik antiseptic body chamber, juga social distancing

Karena situasi tersebut, Direktur Utama RSUD Pasar Rebo, Isnindyarti mengatakan, tenaga medis di RSUD Pasar Rebo juga membutuhkan APD (Alat Pelindung Diri) untuk tetap steril, terjaga dan terhindar dari resiko penularan penyakit.

"APD adalah senjata perangnya tenaga medis. Apalagi ada beberapa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di sini, tentu APD, Hygient Kit dan dukungan multivitamin, akan masih sangat dibutuhkan,” jelasnya , ketika ditemuinya bersama tim  Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa, Jumat (3/4/2020).

Untuk itu, Isnindyarti memaparkan, dalam beberapa jam penggunaan APD harus di ganti agar melindungi tenaga medis.


Menanggapi kebutuhan itu, tim LKC Dompet Dhuafa mendistribusikan amanah para donatur untuk menyerahkan sejumlah bantuan di RSUD Pasar Rebo.

Kegiatan yang dipelopori super volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi disambut baik Direktur Utama RSUD Pasar Rebo, jajarannya,dan perwakilan para tenaga medis di sana.