Nasional

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Disemprot Disinfektan, Ada Apa?

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Disemprot Disinfektan, Ada Apa?

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral pada pagi hari ini, Rabu 3 Juni 2020.

Kegiatan penyemprotan yang dimulai dengan persiapan dan pemeriksaan kondisi fisik alat, dan seremonial pembukaan ini melibatkan 50 personel dari Dinas Gulkarmat.

Kepala Dinas Gulkarmat Satriadi Gunawan mengatakan, penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan hari ini berdasarkan amanat Gubernur DKI Jakarta, tentang gugus tugas penanganan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta. Menurutnya, Dinas Gulkarmat diinstruksikan untuk menyemprotkan disinfektan di fasilitas umum, fasilitas sosial, tempat-tempat ibadah, dan rumah-rumah warga.

"Ini salah satu rangkaian rutinitas yang sudah kami lakukan. Jadi, hari ini, kami menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Di Masjid Istiqlal sendiri kami semprotkan disinfektan secara menyeluruh semua area masjid, termasuk halaman. Sedangkan di Gereja Katedral, kami semprot di halaman depan saja," kata Satriadi saat ditemui di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu 3 Juni 2020.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan penyemprotan disinfektan di semua wilayah di Jakarta. Gulkarmat DKI Jakarta telah menyemprotkan cairan disinfektan di masjid, mushola, gereja, pura, dan wihara. Totalnya ada 962 titik.

"Hari ini kita bagi menjadi dua tim agar berbarengan. Jadi, satu tim di Masjid Istiqlal dan satu tim di Gereja Katedral. Kami mengerahkan 20 unit mobil dan 50 personel," tambahnya.

Satriadi melanjutkan, bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan yang sudah dilaksanakan di 962 titik ini tidak ada kaitannya dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau juga New Normal. Kegiatan tersebut, jelasnya, berdasarkan amanat Gubernur DKI Jakarta, tentang upaya pencegahan COVID-19.

"Kamis besok, kami akan menyemprotkan disinfektan di pasar-pasar, kemudian sekolah-sekolah, jalan-jalan protokoler, bahkan juga rumah warga. Termasuk diantaranya yang masuk zona merah COVID-19 di wilayah DKI Jakarta. Penyemprotan ini juga akan kami lakukan secara berkala," ucap Satriadi.

Selain itu, Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Laksma (Purn) H. Asep Saefuddin menyampaikan apresiasi kepada pihak Gulkarmat DKI Jakarta yang telah menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal pada hari ini.

"Kami berterimakasih kepada Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yang sudah mau datang dan semprot disinfektan di Masjid Istiqlal. Saya sangat mengapresiasi bantuan disinfektan ini," ujar Asep Saefuddin.

 Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja Dipotong untuk Iuran