Nasional

Mendagri Minta Pemda Masifkan Gerakan Pakai Masker untuk Cegah Covid-19

Mendagri Minta Pemda Masifkan Gerakan Pakai Masker untuk Cegah Covid-19

JAKARTA, - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian mengimbau pemerintah daerah (pemda) menggalakkan penggunaan masker oleh masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Salah satu upaya yang bisa menunjang hal itu adalah pemda membagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

"Kalau 548 provinsi, kabupaten/kota membagikan masker dalam jumlah masif untuk seluruh rakyatnya, terutama yang kurang mampu dan mereka memakainya, semua orang memakainya, saya sangat yakin akan terjadi penurunan kurva bukan hanya lokal tapi di tingkat nasional,” ujar Tito sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemendagri, Jumat (10/7/2020).

Tito mencontohkan, salah satu daerah yakni Kabupaten Gowa, telah menggelar pembagian satu juta masker untuk warganya.

Pembagian masker ini menurutnya sangat membantu masyarakat yang kesulitan membeli atau mendapatkan masker.

"Karena masker adalah salah satu senjata untuk mencegah seseorang terpapar virus. Berdasarkan banyak penelitian, jika masker dipakai secara disiplin, kurva penularan Covid-19 akan menurun," tutur Tito.

"Sebab droplet atau aerosol yang menjadi medium penularan Covid-19 bisa ter-blok oleh masker yang dipakai individu," kata dia. 

Ia juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan memakai sabun.

Jika tidak ada tempat mencuci tangan, Tito menyarankan masyarakat membawa cairan antiseptik atau hand sanitizer.

Tak hanya itu, ia juga berharap masyarakat bahu membahu untuk melakukan gerakan-gerakan kecil untuk menekan angka penyebaran Covid-19, seperti menyediakan sabun dan air di tempat umum.