Nasional

Menkes Terawan Sebut Ada 3.500 Dokter Cadangan Siap Jika Dibutuhkan

Menkes Terawan Sebut Ada 3.500 Dokter Cadangan Siap Jika Dibutuhkan

Pemerintah menyebut jumlah tenaga kesehatan dan rumah sakit masih mampu menangani pasien COVID-19. Mereka para tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter dan perawat itu telah tersebar selama masa pandemi terjadi di Tanah Air.

 Asyik, Tenaga Honorer Juga Kecipratan Subsidi Gaji dari Pemerintah

"Yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit COVID-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait COVID-19," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin 14 September 2020.

Terawan bilang, jumlah itu masih belum terhitung yang tengah disiapkan untuk cadangan. Sebanyak 3.500 dokter hingga 685 relawan dan 800 tenaga nusantara sehat siap dipanggil jika suatu saat benar-benar dibutuhkan.

Ia juga menegaskan, bahwa kapasitas ruang isolasi maupun ICU di Tanah Air masih cukup untuk menampung pasien COVID-19.

"Termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anastesi, penyakit dalam dan juga tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, dan sebagainya yang siap di deploy-kan. Dan siap membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan," tambahnya.

Namun Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto ini meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Supaya tingkat penularan dapat ditekan dan otomatis mengurangi beban para tenaga medis.

"Kami mohon untuk selalu patuh protokol kesehatan. Mohon partisipasi semua pihak, terutama level kelurahan, desa, RT/RW untuk jaga kedisiplinan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan," kata dia. (ren)