Nasional

Menkominfo Pastikan Aplikasi Zoom untuk Rapat Kenegaraan Aman dari Kebocoran Data

Menkominfo Pastikan Aplikasi Zoom untuk Rapat Kenegaraan Aman dari Kebocoran Data

JAKARTA, - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate memastikan penggunaan aplikasi telekonferensi Zoom oleh pejabat negara termasuk presiden aman dari kebocoran data.

Hal itu dikatakan Plate untuk menjawab pertanyaan Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin soal kemungkinan pemerintah membuat aplikasi seperti Zoom saat rapat kerja secara virtual bersama Komisi I DPR, Selasa (7/4/2020).

"Dalam hal ini Kantor Presiden, Sekretaris Kabinet untuk menjaga seluruh komunikasi penting pemerintah termasuk ratas-ratas (rapat terbatas) itu dijaga dengan baik sehingga kerahasiaannya itu bisa terjamin," ujar Plate.

Plate menjelaskan, semua ratas melalui aplikasi Zoom saat ini diatur Sekretaris Kabinet. Sehingga, ia yakin keamanan penggunaan aplikasi Zoom tersebut aman dan terkendali.

"Seluruh rapat-rapat yang dilakukam termasuk ratas ratas yang sifatnya rahasia itu bisa dijamin kerahasiaannya dan ini manajamennya dan kendali ada di kantor sekretaris kabinet," ungkapnya.

Sebelumnya, Nurul Arifin menyarankan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk membuat aplikasi seperti zoom.

Sebab, Nurul khawatir akan keamanaan data menggunakan aplikasi zoom yang ini banuyak digunakan masyarakat sebagai sarana rapat jarak jauh di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Tentang aplikasi zoom ini kan dikatakan bahwa zoom ini tidak aman bisa ke mana-mana begitu bisa rembes, bisa didengar, bisa direkam dan sebagainya," kata Nurul dalam rapat kerja Komisi I secara virtual, Selasa (7/4/2020).

Diketahui, aplikasi telekonferensi yang tengah naik daun, Zoom mulai diragukan keamanannya. Laporan terbaru menyebut ribuan rekaman video telekonferensi Zoom bocor di internet.

Ribuan rekaman video percakapan yang tersimpan di aplikasi ketiga, terpapar tanpa perlindungan password dan memungkinkan siapa saja untuk melihat dan mengunduhnya.