Nasional

Pemerintah Mewaspadai Penyebaran Covid-19 Melalui Orang Tanpa Gejala

Pemerintah Mewaspadai Penyebaran Covid-19 Melalui Orang Tanpa Gejala

JAKARTA, - Pemerintah mengumumkan penambahan 106 kasus positif Covid-19 baru pada Sabtu (5/4/2020) kemarin. Itu penambahan dalam 24 jam. Dengan begitu, kini terdapat 2.092 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Penambahan terbesar terjadi di DKI Jakarta, yaitu 55 kasus. Saat ini, totak kasus positif di Jakarta  tercatat 1.028.

Di Jawa Barat kasus baru bertambah 24 kasus, Jawa Tengah 7 kasus, Bali 5 kasus, Banten dan Sumatera Utara masing-masing 3 kasus, serta Papua dan Kalimantan Timur masing-masing 2 kasus.

Selain jumlah kasus yang bertambah, kabar baiknya terdapat 16 kasus yang telah dinyatakan sembuh, sehingga saat ini terdapat 150 kasus yang telah dinyatakan sembuh.

Kasus sembuh itu tersebar di Sulawesi Selatan 5 kasus), DKI Jakarta dan Jawa Timur masing-masing 4 kasus, serta Kalimantan Timur, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tenggara masing-masing 1 kasus.

Adapun jumlah kasus meninggal dunia kini menjadi 191 kasus, setelah bertambah 10 kasus kemarin. Sebarannya, masing-masing 3 kasus meninggal dunia di Banten dan Jawa Timur. Serta, masing-masing satu kasus di Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Papua.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan, masih terjadinya penambahan kasus baru ini mengindikasikan bahwa penularan masih terjadi.

"Dari hari ke hari ini yang jadi kekhawatiran kita karena penularan terus terjadi. Kami harapkan ini menjadi perhatian kita bersama. Kita jadikan ini titik pangkal pencegahan Covid-19. Tetap tinggal di rumah adalah jawaban terbaik," kata Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu kemarin.

Pemerintah khawatir penularan justru terjadi melalui orang tanpa gejala ( OTG). Dalam hal ini, orang yang merasa dirinya sehat menjadi pembawa atau carrier virus corona dan menyebarkannya ke orang lain.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk tetap menerapkan jaga jarak dengan orang lain dengan baik.