Nasional

Ridwan Kamil Klarifikasi Soal Masjid Al Safar yang Diduga Iluminati

Ridwan Kamil Klarifikasi Soal Masjid Al Safar yang Diduga Iluminati

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan klarifikasi tentang kontroversi Masjid Al Safar rancangannya yang berada di Rest Area KM 88 B Tol Purwakarta Bandung Cileunyi (Purbaleunyi) yang dikaitkan bagian dari propaganda Iluminati.

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil dalam dialog ‘Silaturahim dan Diskusi Umum Bersama Membangun Umat’ dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rachmat Syafe’i, dan Ustaz Rahmat Baequni di Masjid Pusdai Kota Bandung.

“Karena proyeknya mangkrak oleh Jasa Marga, pada saat saya datang sudah begitu, saya tanya kenapa ada lingkaran? ‘Itu kreasi dari kontraktornya’ oh gitu. Kalau di gambar saya mah enggak ada, saya menceritakan apa adanya,” ujar Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, kepada ribuan jemaah yang hadir, Senin 10 Juni 2019.

Emil juga memastikan bahwa masjid yang dirancangnya tidak ada hubungannya seperti yang disangkakan oleh Ustaz Rahmat Baequni. “Demi Allah ya, ada ibu saya di sini, buat apa saya berbohong, nanti tanya ke Jasa Marga,” katanya.

Lanjut Emil, ketidakbenaran rumor itu juga diperkuat oleh Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa’adi, yang menyatakan bahwa tidak ada kekeliruan pada masjid tersebut. “Tolong dibaca, saya tidak mau berpendapat sendiri, ini kalimat dari wakil ketua MUI, menurut wakil Ketua MUI, Masjid Al Safar di tol area Cipularang sah menjadi tempat salat menandakan ulama belum bersepakat,” ujarnya.

Emil menambahkan, diharapkan ada panduan jelas untuk pembangunan masjid. Menurutnya tidak ada aturan khusus dalam mengatur desain bentuk suatu masjid.

“Saya ingin ulama bersepakat dulu supaya dapat panduan. Waktu saya kuliah juga saya tanya ke ulama, kalau mendesain masjid bagaimana aturannya? Tidak ada dalam aturan harus bentuk gini bentuk gitu, ini tidak bertentangan, tidak ada rumus baku dalam mendesain masjid, tiap arsitek boleh merepresentasikan masjid,” ujarnya.

Sebelumnya, Sebuah video viral memperlihatkan seorang pria pendakwah yang membahas mengenai desain berbentuk segitiga yang ada dalam Masjid Al Safar karya Ridwan Kamil. Dalam video viral yang membahas desain Masjid Al Safar karya Ridwan Kamil itu, tertulis, pendakwah tersebut adalah Ustaz Rahmat Baequni.

“Ada segitiga yang ke atas ada segitiga yang ke bawah kan?" ucapnya.

Dalam video tersebut, sang pendakwah bahkan mengait-ngaitkan lambang segitiga tersebut dengan simbol Illuminati. “Ini pintu masuknya dan lihat ini segitiga, ini segitiga semua, dan ke dalam ini segitiga mata satu," katanya.